Hello everybody.. Welcome back to my article !! Pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai 4 software desainer grafis untuk  pemula. So, simak penjelasan berikut ya.. .

  1. Adobe Photoshop

 

Ini merupakan salah satu software paling popular di kalangan para desainer grafis. Buat kalian para pemula kalian bisa coba software ini. Software ini memiliki ciri khas atau fungsi yang tentunya berbeda dengan software yang akan dijelaskan dalam bagian berikutnya.

Adobe photoshop yang akan dibahas kali ini adalah versi CS6. Software ini identic sekali dengan yang namanya edit foto. Karena software ini merupakan perangkat lunak khusus untuk mengedit foto, menambah efek/filter foto, memanipulasi foto, dll.

Photoshop ini sendiri merupakan perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems Incorporated, sebuah perusahaan perangkat lunak komputer asal Amerika sejak tahun 1982, berkedudukan di San Jose, California, Amerika Serikat. Penemunya, John Warnock dan Charles Geschke, sebelumnya pernah bekerja di Xerox PARC, dan berhenti ketika keduanya memutuskan untuk mengembangkan dan menjual bahasa deskripsi PostScript.

Dilengkapi dengan berbagai fitur yang keren buat kalian para desainer grafis untuk mengembangkan daya kreatif dalam berimajinasi. Terdapat beberapa tool di dalamnya yang mempunyai fungsi khusus masing-masing. Seperti pen tool, brush , shape tool, dan lain sebagainya. Kita juga bisa menggunakan beberapa model warna untuk mengedit foto. Seperti RGB, CMYK ,Lab color model ,grayscale, bitmap dan lain-lain.

  1. Adobe Ilustrator

 

Merupakan salah satu software yang tak kalah popular di kalangan para desainer grafis. Terdiri dari berbagai tool yang hampir sama dengan Adobe Photoshop sehingga mudah utuk dipelajari. Hanya ada sedikit perbedaan yaitu dari segi fungsi. Adobe Ilustrator berfungsi dalam pembuatan vector. Lalu apa itu vector?

Vektor adalah jenis gambar yang kalau kita perbesar (zoom) hasilnya tidak akan pecah. Untuk mengetesnya, kamu bisa coba pakai aplikasi editing tertentu, lalu zoom minimal 10X. Karena fungsinya dalam pembuatan vector maka seringkali para desainer grafis membuat karya seperti kartun, desain baju dan sebagainya yang berkaitan dengan vector di software ini.

  1. In Design

Lanjut ke software berikutnya yaitu In Design. Sebelumnya apakah kalian mengetahui software ini? In Design juga merupakan software yang penting bagi para desainer grafis khususnya berkaitan dengan tyfografi atau tulisan.

Dengan software ini kita bisa membuat layout atau template semenarik mungkin. Membuat majalah, annual report, pitch deck dan lain sebagainya bisa kita buat di software ini. Karena di lengkapi fitur khusus seperti adanya page, layers, character style, paragraph style yang sangat memudahkan kita dalam membuat majalah yang memiliki multipage. Akan dibahas dalam artikel selanjutnya ya…

  1. Corel Draw

Software para desainer grafis yang terakhir ini yaitu Corel draw. Corel draw sendiri adalah editor grafik vektor, yang  mempunyai beberapa versi mulai dari versi 1 sampai yang terbaru yaitu CorelDraw Graphics suite 2019 atau X9 yang versi full version aslinya dibanderol   sekitar 9,5 jutaan.

Sofware ini juga cukup popular di kalangan para desainer grafis. Memiliki fungsi tertentu yaitu sebagai pengolah grafis. Berperan dalam pembuatan vector, ilustrasi, ataupun edit foto sekalipun.

Dengan menggunakan software ini kita bisa banyak membuat sebuah desain logo, desain poster, undangan , brosur , membuat desain sampul buku, membuat gambar ilustrasi ,bahkan bisa juga digunakan untuk berkreasi dalam pembuatan kartun.

Itulah sedikit pemaparan tentang beberapa software desain grafis. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya… 🙂