branding

Ada sesuatu yang sangat ajaib tentang branding. Bila dilakukan dengan benar, itu bisa mengubah sesuatu yang ada di hadapinya secara umum, seperti minuman bersoda atau sampo, menjadi ‘pilihan gaya hidup’ yang membuat pembeli merasa senang dengan pembelian mereka di luar fungsinya yang mendasar.

Singkatnya, branding adalah tentang membuat hubungan emosional yang melampaui sifat fisik produk atau layanan.

Dan tidak ada yang lebih baik untuk membentuk koneksi instan dan tidak sadar itu daripada citra yang kuat. Karena sementara teks membutuhkan beberapa detik untuk memproses, bayangan langsung mempengaruhi alam bawah sadar, yang jauh lebih berpengaruh pada pilihan kita daripada yang sering kita sadari.

Jadi, apakah Anda merancang situs web, poster, iklan cetak atau kampanye media sosial, memilih citra yang tepat adalah kunci. Berikut adalah lima cara untuk memastikan Anda memilih dengan baik.
01. Pandangan langsung

Iklan cetak 2016 untuk Mon Paris oleh Yves Saint Laurent ini menggunakan pandangan langsung

Balikkan halaman majalah seperti Vogue dan Anda akan segera menyadari bahwa sebagian besar iklan dari model pakaian, wewangian dan aksesori ada di depan kamera. Dan itu bukan kebetulan.

Industri fashion dan kecantikan tahu bahwa pembelinya membuat pilihan karena alasan yang sangat pribadi, dan di dunia nyata, kontak mata merupakan elemen penting untuk membuat orang percaya dan menyukai Anda. (Misalnya, penelitian oleh University of Aberdeen menunjukkan bahwa Anda cenderung berpikir orang lain dalam sebuah foto menarik jika mereka melihat langsung kepada Anda dan tersenyum.)

Jadi meskipun gambar diam mungkin tampak seperti pengganti yang buruk untuk interaksi manusia nyata, penggunaan gambar langsung dapat menjadi cara yang ampuh untuk mendapatkan perhatian dan membangun perasaan hubungan baik antara merek dan audiens Anda.
02. Warna

Coca-Cola menerapkan palet warna yang familiar untuk semua citra branding-nya

Sebagian besar karya branding berpusat pada penataan kepribadian (audiens nominal untuk merek Anda) dan menciptakan citra yang akan merangsang, merangsang dan melibatkan mereka.

Tapi itu hanya sampai sejauh ini.

Pertimbangkan Coca-Cola. Kampanye periklanannya telah lama dikaitkan dengan kesenangan, pemuda, kesehatan, kecantikan dan keseksian. Tapi begitu juga pesaingnya. Jadi bagaimana Anda membedakan diri Anda, tanpa terlalu ceroboh dan mengasingkan sebagian dari target audiens Anda?

Meskipun pasar regional memerlukan pendekatan yang berbeda, skema warna merah dan putih mencapai rasa konsistensi

Salah satu cara adalah dengan menggunakan isyarat visual yang berbeda dengan gambar Anda sendiri, dan orang secara tidak sadar atau sadar akan berasosiasi dengan merek Anda. Cara yang paling jelas untuk melakukannya adalah dengan menggunakan warna.

Jadi, sementara citra Coke sangat bervariasi di seluruh dunia, ia akan selalu dipusatkan secara konsisten di seputar palet merah dan putih.

Coke telah berhasil ‘memiliki’ kombinasi merah dan putih melalui aplikasi yang ketat

Untuk melihat bagaimana merek lain menggunakan kombinasi warna untuk menentukan dirinya secara visual, lihat artikel kami 21 penggunaan warna yang luar biasa dalam branding.
03. Kesederhanaan

Kampanye siluet iPod menggunakan citra super sederhana

Desain yang paling sederhana seringkali paling efektif, dan itu sama pentingnya dengan pencitraan merek terhadap hal lain.
Iklan

Citra Anda yang lebih sederhana, semakin berpotensi menjadi ikon, bekerja dalam skala global, dan cukup fleksibel untuk diukur dengan baik di berbagai media, termasuk iklan cetak, iklan televisi, papan reklame, poster, iklan bungkus dan media sosial. .

Contoh bagusnya adalah kampanye siluet iPod pada awal tahun 2000an, gagasan direktur seni TBWA \ Chiat \ Day Susan Alinsangan. Ini berpusat di sekitar karakter siluet terhadap latar belakang warna cerah yang sedang mendengarkan musik di iPod mereka.

Steve Jobs awalnya tidak menyukai ide tersebut, karena iPod tidak menunjukkan secara rinci atau menjelaskan apa fungsinya. Namun, seperti yang dijelaskan oleh tim iklannya, kampanye tersebut tidak harus melakukan semua itu: ini tentang menghubungkan pada tingkat yang lebih dalam, dan menyampaikan gagasan iPod sebagai pilihan generasi baru.

Siluet energik dan warna-warni dari citra itu memenuhi kebutuhan itu dengan indah, dan begitu Jobs mengalah, itu menjadi kampanye yang sangat sukses untuk Apple.
04. Asosiasi

Gambaran branding Red Bull bersifat aspirasional, bukan mencerminkan peminum Red Bull yang khas

Citra yang Anda pilih untuk kampanye Anda perlu menjadi sesuatu yang menarik bagi target pemirsa Anda. Tapi yang penting, itu tidak perlu mewakili mereka atau penggunaan produk mereka secara akurat. Terkadang lebih baik berfokus pada memilih citra yang mempromosikan perkumpulan dengan hal-hal lain. Red Bull menawarkan contoh yang bagus.

Jika suatu produk membutuhkan branding yang kuat, itu adalah Red Bull. Tak satu pun dari bahan-bahan yang dipatenkan atau rahasia, dan minuman itu sendiri mudah untuk menyalin. Namun Red Bull memiliki antara 70 sampai 90 persen pangsa pasar di lebih dari 100 negara di seluruh dunia … dan itu hampir sepenuhnya karena pencitraan superlatifnya.