5 Perbedaan Iklan, Poster dan Slogan

Hallo Guys….. pada kesempatan kali ini saya akan menjuelaskan tentang materi desain grafis yaitu perbedaan antara iklan, poster dan juga slogan. Pasti banyak sekali orang yang belum mengetahui perbedaannya, supaya kalian bingung lagi mari kita bahas sama-sama agar dapat membedakannya. simak artikel saya berikut ini :

Sebelum kita beranjak menuju pembahasan utama yaitu perbedaan antara iklan, poster dan juga slogan, tentunya kita harus mengerti pengertian dari iklan, poster, dan slogan itu sendiri, dan berikut merupakan pengertiannya:

1. Poster adalah Kertas berukuran besar yang biasa ditempel ditempat-tempat umum yang biasanya berisikan tentang promosi suatu produk barang ataupun jasa. Untuk lebih menarik perhatian orang, biasanya poster ini didesain dengan sekreatif mungkin.

2. Iklan adalah suatu pesan penjelasan dari suatu perusahaan yang berisikan spesifikasi dari barang atau jasa yang mereka keluarkan kepada masyarakat. tujuan dari iklan itu sendiri yaitu untuk menarik perhatian konsumen dengan media yang cakupannya lebih luas, sehingga dapat menghasilkan konsumen yang banyak.

3. Slogan adalah kalimat yang singkat, padat akan tetapi mengandung makna yang mendalam. Kalimat-kalimat didalam slogan biasanya pendek sehingga mudah diingat seperti “Sebuah keteladanan lebih bermakna daripada seribu kata-kata”. Tujuan dari slogan yaitu untuk memberikan motto, nasihat ataupun perenungan diri.

Perbedaan Iklan dan Poster Serta Slogan
Setelah kalian mengetahui pengertian dari iklan, poster, slogan itu, tentunya kalian dapat membedakan sendiri perbedaan dari hal itu, berikut merupakan beberapa perbedaannya :

Iklan :

Untuk memberitahu khalayak tentang produk yang ingin dijual
Lebih ingin menunjukkan kualitas barang yang diproduksikan
Kesannya dibuat merayu target untuk tergiur membeli
Bentuk iklan ini biasanya tidak hanya dalam media cetak tapi bisa juga dengan video ataupun mp3
Dipasang pada semua medsos : tv, internet, radio, koran, majalah dan lainnya

Poster :

Untuk menyampaikan ide, gagasan atau pesan penting
Lebih mengutamakan desain dari produk dibanding kata-kata yang disajikan
Dipasang dimana saja
Bentuk poster itu sendiri adalah berupa kertas berukuran besar
tujuannya bukan untuk menarik minat para pembeli

Slogan :

Bentuknya hanya berupa kata-kata atau kalimat
Dibuat singkat namun tetap memiliki makna dan menarik, serta mudah di ingat
Bisa diselipkan pada poster dan iklan sebagai kalimat ekspresi
Tidak memiliki batasan media, bisa dipasang dimana saja

Nah kira-kira begitu sobat mengenai perbedaan antara iklan, poster dan juga slogan. Semoga menambah pengetahuan kalian,,,,,,,,,,,,,,

good bye….