Warna dasar di photoshop adalah RGB ( Red, Gren, Blue ) cara mengubah warna yang lain itu menggunakan HSL ( Hue, Saturation, Lightness ) dan mode lain adalah CMYK ( Cayen, Maghent, Yellow, Blue ).

Pada bab ini akan dibahas mengenai permainan warna di photoshop, mulai mengatur latar belakang gambar, membuat gradient, mengatur brightness & contrast, dan masih banyak lagi tool-tool yang menarik.

Paint Bucket Tool

Di photoshop CS6 paint bucket tool ini tersedia di panel tool,paint bucket tool ini bisa berbagi dengan menu flyout menggunakan alat gradient dan beroperasi seperti kombinasi alat brush dan magic wand tool seperti kalian lihat di menu pilihan. Untuk menggunakan paint bucket tool ini tekan s

hif + G.

Gradient Tool

Gradient tool ini menciptakan perpaduan warna bertahap antara beberapa warna. Alat gradient bisa digunakan untuk gradient linier,radial,sudut,tercermin di layar.

Brush Tool

Brush tool ini di photoshop bisa disebut sebagai kuas yang bisa menambah kreatifitas kita dalam mendesain. Jika ingin mengaktifkan brush di keyboard itu langsung bisa ketik huruf “B”, memperkecil dan memperbesar brush itu di keyboard bisa dengan kurung kurawa “ [ ] “

Brightnees/Contrast

Brightness/contrast membantu penyesuaian kecerahan dan ketajaman gambar. Jika ingin mengaktifkan brightnees/contrast maka pilihlah image – adjusmant – brightnees/contrast.

Level

Levels berfungsi menerangi dan menggelapkan gambar dan juga bisa di tengah-tengah antara gelap dan terang dan cara kerja nya itu seluruh kanvas. Jika ingin mengaktifkan levels maka pilihlah di menu option image – adjustment – levels.

Curves

Curves ini hamper sama dengan levels menerangi dan menggelpakan gambar perbedaan nya itu curves ini mengatur warna RGB. Jika ingin mengaktifkan curves maka pilihlah di menu option image – adjustment – curves.

Color balance

Color balance ini cara kerja nya untuk mengatur keseimbangan warna yang bisa merendahkan atau meninggikan warna. Jika ingin mengaktifkan color balance maka pilihlah di menu option image – adjustment – color balance.

Photo Filter

Photo filter disini untuk memberikan efek pada sebuah gambar agar terlihat lebih bagus cara kerja nya photo filter ini juga mirip seperti filter lensa yang ada di depan camera. Jika ingin menggunakan photo filter pada gambar bisa dari image – adjustment photo filter.

Replace color

Replace color ini berfungsi sebagai mengganti warna pada gambar tapi hanya pada gambar yang diinginkan saja dan juga bisa memilih sendiri yang mana yang ingin di rubah atau di ganti warna nya. Jika ingin menggunakan replace color ini maka pilihlah di menu option image – adjustment – replace color.

Hue Saturation

Hue saturation ini cara kerja nya sama seperti replace color cuman perbedaan nya replace color bisa memilih bagian mana yang akan di ganti warna sedangkan hue saturation ini menyeluruh yang akan berubah. Jika ingin menggunakan tool ini pilihlah di menu option image – adjustment – hue saturation.

Match Color

Match color ini bekerja untuk memberikan efek pada sebuah gambar dengan komposisi warna pada gambar. Jika ingin menggunakan match color maka pilih lah di menu option image – adjustment – match color.

Berikut adalah cara jika ingin mempelajari permainan warna di photoshop.