berikut bidang kerja CorelDraw x7 dengan tampilan yang baru:

1. TITLE BAR
merupakan judul untuk program yang sedang aktif atau file yang digunakan, yaitu CorelDraw x7 – [ graphic1]. baris judul terletak dibagian atas jendela CorelDraw.

2. MENU BAR
menu bar terletak dibawah title bar yang terdiri dari 12 menu berisi perintah perintah. klik yang dituju untuk mengoperasikkannya. didalm menu terdapat perintah mengakses segala operasi CorelDraw.

3. TOOL BAR (STANDARD)
toolbar adalah kumpulan tool untuk memper mudah dan mempercepat kerja. kita hanya perlu melakukan klik pada toolbar tanpa harus membuka perintah menu. toolbar terletak tepat dibawah baris menu.

4. PROPERTY BAR
merupakan kotak dialog yang selalu menyesuaikan diri terhadap tool yang sedang digunakan. kotak property bar akan menyesuaikan diri dengan 19 tool yang tersedia. setiap properti bar mempunyai keunikan masing masing dengan adanya tool tambahan didalamnya. saat mendesain objeck, maka secara otomatis properti bar akan tampil dan kemudian ikut berpindah pindah antara tool yang satu dengan yang lainnya. amati setiap perubahan yang terjadi pada masing masing properti bar.

5. TOOL BOX
toolbox merupakan sekumpulan peralatan yang berisi lambang lambang tool untuk mendesain, editing objeck, dan pengaturan tampilan. untuk mengetahui nama masing masing tool, arahkan panah mouse tanpa melakukan klik dan tunggu beberapa saat hingga muncul tooltips, yaitu imformasi kecil. fasilitas toolbox yang mempunyai tanda segitiga kecil berarti bahwa didalamnya masih terdapat beberapa buah fungsi tool lain.

6. SCROLL BAR
scrollbar digunakan untuk menggulung layar. letaknya tegak lurus dengan drawing window area. scrollbar berfungsi untuk menampilkan atau melihat bagian yang tidak tanpak di layar. pada coreldraw terdapat dua scrollbar, yaitu scrollbar tegak (vertical) dan scrollbar mendatar (horizontal). layar akan menggulung sesuai arah scrolling, dengan layar yang bergerak perlahan. jika klik bagian sroll, layar akan tergulung dengan cepat.

7. DRAWING WINDOW
drawing window adalah jendela gambar yang terletak diluar area drawing page.

8. DRAWING PAGE
drawing page merupakan halaman lembar kerja untuk mendesain gambar atau objeck. desain sebaiknya dilakukan didalam drawing page supaya pengaturan pembuatan objeck dan menetukan percetakannya lebih mudah.

9. STATUS BAR
berfungsi untuk menampilkan imformasi tentang objeck pada halaman yang aktif. status bar terletak dibawah scrollbar horizontal. untuk mengatur letak dan besar kecilnya baris status, klik kanan hingga muncul shortcut menu, kemudian pilih sesuai keinginan.

10. RULER
ruler adalah fasilitas penggaris untuk mengatur ukuran dan posisi objeck. ruler terletak secara vertical dan horizontal. ruler dapat disembunyikan dan ditampilkan melalui menu view, yaitu dengan cara:
– pilih perintah ruler untuk menyembunyikan
-klik sekali lagi perintah ruler untuk menampilkan

11. DOKUMENT NAVIGATOR
dokument navigator berguna untuk menunjukan status halaman atau jumlah halaman yang digunakan

12. CONTROL PAGE
control page adalah pengendali banyak halaman kerja yang mempunyai fungsi antar lain:
– bekerja dengan lebih dari satu layar kerja
– untuk melihat halaman tertentu
– untuk berpindah ke halaman lain
– melihat halaman sebelumnya
– menambah halaman baru
– menyisipkan halaman baru
control page terletak di kiri bawah drawing window area atau bersebelahan dengan scrollbar horizontal.

keterangan:
1. panah kiri terluar, untuk menuju ke halaman pertama
2. panah kiri dalam, untuk menuju kehalaman sebelumnya persatu halaman
3. panah kanan terluar, untuk menuju kehalaman berikutnya
4. panah kanan dalam, untuk menuju ke halaman berikutnya persatu halaman
5. tanda +, untuk menambah halaman baru. fungsi tersebut sama dengan menambah baris. pada menu layout, pilih insert page atau tekan tombol page up dan page down
6. angka 2 of 2, memberikan imformasi bahwa sat ini berada pada halaman 2 dari jumlah 2 halaman. klik sekali pada imformasi 2 of 2 sehingga muncul kotak dialog Go To Page. kotak dialog ini digunakan untuk menuju halaman yang kita inginkan dan dapat digunkan untuk bekerja pada banyak halaman.
7. page 1 dan page 2 sebagai menunjukan imformasi halaman.

13. color palette
merupakan fasilitas untuk memberi warna pada objeck yang dibuat dan terletak disebelah scrollbar vertical(tegak lurus).

1.klik kiri anak panah atas untuk menggeser persatu warna ke atas
2.klik kiri anak panah bawah untuk menggeser persatu warna ke bawah
3.klik kiri tanda untuk melihat tampilan semua warna yang ada
4.klik kiri pada warna color palette sebagai file objeck atau memberi warna objeck
5.klik kanan pada warna color palette untuk warna outline atau garis tepi objeck
6.klik kiri tanda untuk membatalkan warna yang telah kita pilih untuk file objeck dan klik kanan untuk membatalkan warna outline objeck
7.tombol untuk mengaktifkan menu yang berisi pengaturan color palette

14. navigator
navigator adalah sarana untuk melihat area kerja. cara kerja nya hampir mirip dengan pan tool yang ada pada toolbox
15. window docker
window docker adalah kotak dialog yang berisi fasilitas untuk mengelola file pada coreldraw