Teman-teman, apa sih yang terbersit dalam benak kalian ketika mendengar kata printing? Pasti kebanyakan diantara kalian berfikir pada seperangkat mesin cetak lengkap dengan kertas dan tintanya.

Asalkan teman-teman ketahui saat ini kita hidup dizaman modern. Semakin hari alat-alat teknologi semakin berkembang dengan pesatnya. Seperti halnya dengan alat percetakan. Dahulu mesin cetak hanyalah untuk mencetak objek untuk kertas saja, tapi seiring dengan berjalannya waktu kini mesin cetak telah berinovasi. Ada jenis mesin cetak yang bisa digunakan untuk mencetak benda-benda souvenir misalnya pin, brosur, poster, gelas, dll.

Berdasarkan penggunaannya digital printing dibagi menjadi :

  1. Digital Printing T-Shirt, Mugs dan ID Card

Digital printing adalah jenis percetakan yang media cetaknya beragam misalnya ID Card, T-shirt (kaos), mugs, dsb. Pelanggan bisa membuat desainnya sendiri menggunakan format file digital. Keunggulan dari digital printing ini adalah sifatnya lebih eksklusif. Tidak seperti cetak konvensional yang mana kita harus memesan lebih dari 10 pieces. Ketika kita memesan barang yang membutuhkan jasa digital printing, kita bisa memesan barang kita meskipun hanya 1 pieces. Waktunya juga lebih cepat dan harganya pun bisa lebih murah.

2. Digital Printing Indoor / Outdoor

Maksudnya adalah alat digital printing ini digunakan untuk mencetak sesuatu alat yang biasanya digunakan sebagai salah satu sarana untuk penyampaian informasi publik yang memiliki ukuran yang besar baik di indoor maupun di outdoor misalnya banner, spanduk, poster, dll.

Karena perbedaan pengaplikasiannya, maka bahan yang digunakan untuk media indoor dan outdoor itu berbeda. Pada media yang nantinya akan diletakkan di outdoor biasanya percetakan menggunakan tinta yang tahan saat terkena paparan sinar matahari. Sedangkan untuk media yang digunakan pada indoor biasanya menggunakan akurasi warna yang lebih nyaman untuk dilihat oleh mata.

3. Digital Printing (Digital Press)

Maksud dari digital printing press ini adalah percetakan hanya mencetak objek yang hanya menggunakan media kertas atau stiker berukuran A3, A4 dan A5. Contoh dari barang yang bisa dicetak dengan proses ini adalah pamflet, brosur, katalog, dll.