Hai…..

Dipertemuan kali ini saya akan membahas beberapa format yang sering digunakan dalam photoshop. Antara lain:

 

  1. PSD

PSD bisa diartikan yaitu Photoshop document. Format file ini fungsinya sebagai media menyimpan gambar dalam bentuk layer. Biasanya sering digunakan oleh para programer dalam penyutingan gambar dalam perangkat lunak mereka.

 

  1. JPG/JPEG

JPG/JPEG itu sendiri artinya joint photographic expert group. format file ini berfungsi sebagai media penyimpana gambar atau objek dengan kualitas yang sesuai dengan pilihan. Biasanya digunakan untuk keperluan membuat halaman web. Dan mampu menyimpan warna dengan mode CMYK, RGB, DAN Grayscale. Dengan kedalaman 24 bits atau setara dengan 16 juta warna. Format file ini juga dapat menyimpan alpa channel. Tapi kualitas format ini berukuran relatif lebih kecil dibanding format yang lainnya.

 

  1. GIF

GIF atau Graphic Interchange Format, format file yang fungsinya hanya mampu menyimpan mode warna Grayscale, bitmap, dan indexed color. Biasanya digunakan untuk publikasi elektronik dan internet. Dan mampu menyimpan animasi dua dimensi yang akan dipublikasikan pada halaman web.

 

  1. TIF

TIF (Tagged Image Format File). Format file yang dapat menyimpan gambar dengan kualitas sampai 32bit. Biasa digunakan pada dunia percetakan. Karna hampir setiap program yang format filenya bitmap dapat membaca format file TIF.

 

  1. PNG

PNG bisa diartikan sebagai Portable Network Graphic. Format file ini fungsinya sebagai format file alternatif dari format GIF. Biasa digunakan untuk menampilkan sebuah objek dalam halaman web. Bedanya format file ini mampu menyimpan file dalam bit depth sampai 24bit. Dan juga dapat menghasilkan latar belakang yang transparan dengan pinggiran yang halus.