hanggoro2505.blogspot.com

Pada dasarnya warna merupakan pantulan cahaya dari suatu objek ke mata manusia. Hal ini menyebabkan kerucut-kerucut warna pada retina manusia bereaksi yang menyebabkan timbulnya gejala warna pada objek-objek yang dilihat sehingga dapat mengubah persepsi manusia.

Dalam dunia desaiin grafis tidak akan pernah terlepas dari warna, karena warna merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam dunia desain grafis, desain grafis tanpa warna bagaikan taman tak berbunga, begitu kira-kira. Dengan menggunakan warna yang tepat, seorang desainer grafis dapat dengan mudah mengkomunikasikan filosofi dari desain yang ia buat. Didalam  Harmonisasi warna ada yang namanya Color Wheel atau juga roda warna, prinsip dari roda warna ini adalah pencampuran dari tiga warna dasar yaitu merah, hijau, dan kuning. Warna ini disebut juga dengan warna primer, dari pencampuran warna primer, maka dihasilkan warna sekunder, dan dari pencampuran warna  sekunder, terbentuklah warna tersier.

Nah didalam dunia desain ini, Harmonisasi warna terbagi 6

1. Monochromatic

https://kelasdesain.com/harmoni-warna-2/

Skema ini bersifat elegan karena memilki satu warna hanya saja berbeda pada tingkat saturasinya.

2. Complementary

https://kelasdesain.com/harmoni-warna-2/

Warna Complementary adalah warna yang berlawanan satu sama lain pada roda warna. Seperti warna ungu dan kuning, biru dan orange atau merah dan hijau. Skema warna komplementer ini memiliki kontras warna yang sangat kuat. Sangat cocok di gunakan sebagai warna latar belakang dan teks.

3. Analogous

https://lmsspada.kemdikbud.go.id/mod/page/view.php?id=64776

skema warna analog menggunakan warna-warna yang bersebelahan pada roda warna. Skema warna analog sering ditemukan di alam, mereka harmonis dan enak dipandang.

4. Triadic

https://medium.com/@neveraemje/harmonisasi-dalam-warna-a19297af1b68

Skema warna triadic menggunakan tiga warna dari tiga spasi warna dari warna yang digunakan.

5. Split Complementary

https://kelasdesain.com/harmoni-warna-2/

Skema warna split-komplementer adalah variasi warna pada roda warna dengan dua skema warna disamping kanan kiri warna komplementer-nya

6. Tetradic

https://kelasdesain.com/harmoni-warna-2/

Tetradic (double komplementer) adalah skema yang paling beragam karena menggunakan dua pasang warna komplementer. Skema warna yang satu ini menawarkan banyak kemungkinan variasi. Skema warna Tetradic bekerja terbaik jika Anda membiarkan satu warna dominan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.