Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual dan desain komunikasi. (https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis)

Desain grafis adalah Desain adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya dibantu oleh komputer dalam mendesain suatu object. Disamping teknologi (komputer) sebuah desain grafis yang baik membutuhkan kreativitas, Peralatan utama yang digunakan oleh seorang desainer grafis adalah pikiran ( ide). Seorang desainer grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.

Banyak sekali pengertian tentang desain grafis, tapi di sini saya akan membahas tentang jenis-jenis desain grafis.

Jenis – jenis desain grafis

  1. Drafter

Drafter merupakan seorang diesainer grafis yang dikhususkan untuk membuat arsitektur dan rancang bangunan seperti interior dan eksterior. Dalam hal ini seorang desainer harus menguasai software (Autocad, Archicad, 3d revit architecture). Sangat dibutuhkan di dunia arsitektur dan industri.

  1. Editor

Desainer editor ini khusus untuk membuat cover majalah, banner, poster dll. Dan juga membuat karya karya desain grafis seperti brosur, kartu nama, dan logo. Seorang editor harus menguasai software Corel draw, Adobe Photoshop, Illustrator. Seorang editor sangat dibutuhkan di dunia periklanan dan publikasi.

  1. Layouter

Desainer layout ini khusus untuk membuat tata layout sebuah buku, majalah atau koran atau media cetak yang lainya. Seorang Layouter harus menguasai asoftware Adobe Page Maker, MS.Publisher, dan Adobe In Design. Seorang layouter sangat dibutuhkan dalam industri percetakan

  1. Art Director

Art Director merupakan seorang desainer yang khusus untuk membuat karya seni dari komputer yang bisa digunakan untuk visual effects ataupun hanya untuk hiasan saja. Untuk menjadi art director Membutuhkan kreativitas yang sangat tinggi. Sedangkan software yang harus dikuasai adalah : Corel draw, Photoshop, Art creator.

  1. Fotografer

Fotografer merupakan Seorang desain fotografer yang melakukan pemotretan juga sebagai pengeditan foto , fotografer harus memiliki skill fotografi serta mampu mengedit foto sesuai event. Seorang fotografer membutuhkan intelegensi tinggi dan kreativitas tinggi. Fotografer harus menguasai adobe photoshop, photo studio, dsb.

6. Animator

Animator merupakan Desainer khusus bekerja pada bidang motion graphic, iklan atau film fantasi. Seorang animator harus memiliki pengetahuan yang luas. Seorang animator harus menguasai software Macromedia Flash, Adobe Flash, After Effects, 3d Maya, Gif Animator dan Corel Rave. Dibutuhkan di dunia advertising, perfilman, pertelevisian.

7. Visualisator

Visualisator merupakan Desainer yang bekerja khusus untuk memberikan gambaran sebuah produk atau karya visual dalam bentuk real atau 3D. Seorang visualisator harus menguasai software 3d Max, Autocad, Swift 3d, Digital Clay

8. Video Editor

Video editor merupakan seorang desainer yang khusus untuk mengedit video atau film. Video editor harus memiliki imajinasi tinggi. Video editor juga harus menguasai software editing seperti Adobe After Effects, 3d Maya, Adobe Premiere, Ulead Video Studio, Sony Vegas, Pinneacle, dll.

  1. Integrated Desainer

Integrated desainer merupakan seorang desainer khusus yang membutuhkan integrasi dengan programmer misalnya pembuatan aplikasi, game dan website. Seorang integrated desain harus menguasai hampir semua elemen desain.

 

Semoga bermanfaat, terima kasih…