Bahan utama yang penting untuk sebuah percetakan selain tinta adalah kertas. Dalam perkembangannya kertas memiliki ukuran dan jenis yang berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan karya apa yang akan kita cetak. Kebanyakan diantara kalian pasti sudah mengetahui ukuran-ukuran kertas mulai dari seri A, seri B dan yang lainnya. Nah tapi apa temen-temen sudah tahu juga dengan jenis-jenis kertas? Kali ini saya akan menuliskan artikel yang berisikan jenis kertas yang sering digunakan dalam percetakan. Yuk langsung saja kita simak materinya.

Kertas Coated

Ciri yang paling menonjol dari kertas coated ini adalah permukaannya yang mengkilap (glosy) karena terdapat lapisan lilin pada permukaannya. Dayanya dalam menyerap tinta rendah sehingga hasilnya akan lebih tajam dan waktu pengeringannya relatif cepat karena tinta hanya berada di lapisan luarnya saja.

Kertas Uncoated

Ciri yang paling menonjol dari kertas uncoated ini adalah permukaannya yang kasar (tampak berpori) dan seperti tidak berserat karena tidak dilapisi dengan lapisan lilin. Kertas uncoated ini memiliki daya serap yang tinggi dalam menyerap tinggi sehingga warna yang dihasilkan terkesan pucat namun tetap saja hasilnya terlihat elegan. Proses pengeringan dalam kertas ini paling lama.

Kertas Semi Coated

Kertas ini tidak begitu halus dan tidak juga kasar. Kertasnya tidak mengkilap tapi memiliki lapisan lilin dipermukaan kertasnya. Hasil cetak menggunakan kertas ini terkesan tajam. Proses pengeringan tintanya lebih lama dari kertas coated namun lebih cepat daripada kertas uncoated.