Seni lukis merupakan salah satu jenis seni yang banyak disukai masyarakat. Bisa dilihat dari banyaknya pelukis di Indonesia mulai dari pelukis kondang hingga pelukis jalanan. Seni lukis memputuhkan beberapa peralatan salah satunya adalah kuas. Kuas terbagi beberapa jenis. berikut penjelasannya:

1. Round Brush
Salah satu kuas dengan cat air yang menjadi favorit ini memiliki bentuk yang bulat. Sehingga, sangat memudahkan dalam membuat garis tebal maupun tipis. Round brush ini juga cocok untuk digunakan saat melukis di media kanvas berukuran besar.
Kuas jenis ini memiliki ukuran yang beraneka ragam. Untuk menggambar objek kecil dan detail, pilih round brush yang memiliki diameter paling kecil.

2.Flat Brush
Jenis kuas yang satu ini memiliki bentuk permukaan atau tampilan yang datar, lurus, sedikit pipih dan kadang berbentuk persegi panjang. Jenis kuas lukis flat biasa digunakan untuk melukis area tepi, khususnya yang berukuran kecil.

3. Bright Brush
Kuas jenis ini hampir sama dengan Flat Brush. Yang membedakan hanya bentuk ujung kuas yang sedikit melengkung sehingga terlihat seperti pendek.

4. Angle Brush
Kuas ini berpentuk diagonal. Jenis kuas ini paling sering digukanan masyarakat karena teksturnya yang fleksibel.

5. Filbert Brush
Jenis kuas lukis yang memiliki ujung berbentuk lonjong

6. Fan Brush
Kuas ini mempunyai bentuk yang unik seperti kipas. Fan Brush biasa digunakan untuk membuat efek faun

7. MOP Brush

Biasanya dibuat dengan bahan dasar bulu domba atau bulu tupai. MOP Brush biasa digunakan untuk melukis di area besar.

8. Rigger Brush

Kuas yang memiliki ujung runcing ini bisa digunakan untuk menggambar sesuatu yang membutuhkan detail tinggi. Karena, rigger brush akan membuat kita memperoleh goresan garis yang tipis.