(sumber : saveasbrand.com)

Gambar bitmap dan gambar vector ini merupakan bentuk digital yang dicptakan dari sebuah perangkat, khususnya computer, kedua gambar ini memiliki ciri dan karater juga fungsi yang berbeda dalam penggunaannya.

Gambar bitmap

(sumber : dosenpintar.com)

Bitmap itu adalah sebuah digital yang terdapat jumlah pixel yang sangat banyak didalamnya, selain kecil pixel ini juga memegang satu warna, mereka berjajaran dengan warnanya masing-masing yang akhirnya membentuk sebuah gambar. Nah jika sebuah foto atau gambar di perbesar hingga menyentuh batas, pasti gambar itu pecah alias turun kualitasnya, pecahan itu berbentuk persegi kecil, dan itulah yang disebut dengan pixel. Nah, Jika memperbesar sebuah gambar bitmap, ukuran pixelpun akan semakin terlihat, disitulah mengapa gambar menjadi pecah saat diperbesar. Dan biasanya gambar bitmap juga disebut dengan raster, sifat gambar bitmap adalah resolution dependent yang berarti resolusi gambar mempengaruhi baik buruknya gambar. Jika resolusinya rendah maka pola gambar akan semakin terlihat, dan jika resolusinya tinggi maka pola gambar akan semakin tidak terlihat, jenis file penyimpanan gambar bitmap adalah, jpg, png, gif, tiff, dan psd.

Gambar vector

(sumber : bayustudio.com)

Gambar vector adalah sebuah gabungan antara titik dan garis dengan rumusan matematika, yang membentuk sebuah kurva yang kemudian membentuk sebuah gambar. Setiap garis dan titik dalam sebuah gambar vector dapat ditambahi berbagai atribut seperti bentuk, kurva, ketebalan garis, warna pada garis dan warna pada isi sebuah objek. Sifat yang dimiliki oleh gambar vector yaitu resolution independent yang mana ketika pola di perbesar dan diperkecil ia masih akan berbentuk sama, tidak ada perubahan didalam kualitas gambar tersebut.

Kelebihan gambar bitmap dan gambar vector

  • Gambar vector itu perpaduan objek yang terdiri dari garis, titik dan warna yang akhirnya membentuk sebuah gambar.
  • Gambar bitmap membuat gambar terlihat lebih jelas
  • Gambar vector memiliki sifat scalable sehingga tidak akan pecah saat gambar diperbesar
  • Gambar bitmap memiliki unsur pixel sebagi pembangun pada gambar
  • Gambar vector cocok digunakan untuk desain logo, ilustrasi, dan kartun
  • Gambar bitmap cocok digunakan untuk pengeditan foto atau gambar pemandangan

Kekurangan gambar bitmap dan gambar vector

  • Gambar vector jika ditampilkan hasilnya kurang nyata dan natural
  • Gambar bitmap memiliki resolusi yang mempengaruhi sebuah gambar
  • Gambar bitmap memiliki proses yang lama dalam penyimpanan file karna sebuah gambar yang besar harus di atur terlebih dahulu.

Itulah kekurangan dan kelebihan pada gambar vector dan gambar bitmap. Semoga bermanfaat ya guys. Sekian terimakasih.. 🙂