kemampuan yang harus di miliki oleh desainer

Kemampuan Wajib Bagi Desainer Grafis

Kemampuan wajib bagi desainer grafis digunakan untuk menjadi syarat mengerjakan proyek desain dengan cepat, tepat & profesional. Kemampuan wajib ini meliputi beberapa aspek yang berpengaruh untuk membentuk komunikasi visual dengan konsumen. Setelah memahami arti desain grafis dan hasil karya desain grafis, tentu ada baiknya kita mengetahui apa saja yang harus dikuasai oleh seorang desainer grafis.

  • [b]Nirmana[/b]

Nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, tekstur, ruang dan warna menjadi satu kesatuan pola baik komposisi, irama maupun nada dalam desain yang harmonis. Nirmana disebut juga ilmu tatarupa, dalam konteks desain komunikasi visual, nirmana memegang peranan penting perihal bagaimana menata dan menyusun elemen-elemen dasar desain komunikasi visual.

  • [b]Typografi[/b]

Tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf untuk menciptakan kesan tertentu sehingga memberikan kenyamanan pembaca secara maksimal. Dikenal pula seni tipografi, yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni tipografi, pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa saja diabaikan.

  • [b]Pewarnaan[/b]

Warna termasuk dalam ilmu nirmana, dengan memahami penggunaan warna kita akan memahami estetika dari gambar yang kita buat.

  • [b]Software[/b]

Software merupakan pendukung pekerjaan seorang desainer grafis baik untuk media cetak, media digital maupun media multimedia. Dilihat dari bidangnya software desain terbagi menjadi dua yaitu sofware pengolah grafis dua dimensi dan pengolah grafis tiga dimensi.

  • [b]Scetch[/b]

Kemampuan menggambar dengan tangan tidak begitu berpengaruh dalam bidang desain grafis, namun orisinalitas dalam menggambar manual akan sangat terasa dalam mengolah karya desain menggunakan software.

  • [b]Kemampuan umum[/b]

Kemampuan umum dimaksud adalah kemampuan tambahan yang membantu dalam proses membuat sebuah karya grafis. Kemampuan umum dalam bidang grafis seperti pengetahuan tentang advertising, website (website grafis seperti flickr, deviantart dsb, website ecommerce untuk menjual karya desain dsb)http://www.alumuniumprinting.com

semoga bermanfaat untuk kita semua yaa sering kunjungi web sekolahdesain yaaa terimakasih…