Memang bagi anda seorang pemula dalam belajar photoshop pasti mengalami kesulitan dan kebingungan, hal apa sih yang harus dikerjakan pertama, dan tahapan-tahapan yang benar bagaimana sih?

Nah, disini saya akan membagikan tips dasar yang sangat penting bagi pemula yang masih dalam pembelajaran software adobe photoshop ketika bagi seorang pemula yang baru memulai melakukan editing.

Bila Anda ingin menjadi mahir dalam menggunakan software photoshop kuncinya adalah konsisten, selalu belajar, praktek, dan ulangi terus sampai Anda merasa mahir dan dapat menciptakan suatu karya yang bernilai tinggi.

Tentunya itu dapat menjadi suatu peluang usaha yang dapat anda kembangkan lagi.

Berikut akan saya berikan gambaran awal apa saja yang perlu Anda pahami hingga menjadi mahir:1. Kuasai tampilan awal pada photoshop

Hal pertama yang perlu Anda kuasai adalah tampilan dari software adobe photoshop ini.

Pertama kali Anda mengakses software adobe photoshop, yang pertama Anda lihat adalah tampilan menu bar pada bagian atas, lalu dibawah menu bar terdapat options bar atau ribbon bar yang berfungsi untuk mengatur fitur yang berkaitan dengan tool.

2. Pelajari Menu Utama

Untuk awal belajar photoshop pemula sebaiknya mempelajari menu utama yang berada dibagian atas program Photoshop. Menu utama Photoshop diantaranya adalah File, Edit, Image, Layer, Select. Filter, View, Window dan Help.

  • Menu File biasa digunakan untuk langkah-langkah awal dan langkah akhir dalam melakukan pengeditan foto, karena disana kita bisa memiliki membuka lembar kerja baru, mengimpor foto, Browse, Open As, Close, Save, Save As, proses print dan lain-lain. Mungkin menu File Photoshop hampir sama dengan Office Button pada Microsoft Word.
  • Menu Edit digunakan untuk langkah-langkah pembantu pengeditan, karena disana ada pilihan Cut, Copy, Undo, Stroke, Paste, Free Transform, Fill, Clear dan masih banyak lagi yang lain.
  • Menu Image, adalah menu yang dapat digunakan untuk mengolah foto sedemikian yang kita inginkan. Pilihan yang paling utama adalah Adjustment dimana bisa mengatur tingkat warna, kecerahan, exposure, kontras, maupun mengubah seluruh komposisi warna dengan beberapa pilihan seperti Equalize, Posterize dan lain-lain. Selain itu pengaturan rotasi dan ukuran foto juga terdapat pada menu Image, dengan pilihan Image Sizes dan Rotate Canvas.
  • Menu Layer,  digunakan untuk mengolah gambar baik itu dari warna, tingkat kecerahan, exposure, kontras dan lain-lain. Namun pengaturan pada Layer tersebut bukan untuk foto utama melainkan untuk lembar Layer. Pengertian Layer secara singkat adalah bagian dari lembar kerja.
  • Menu Select, digunakan untuk pengolahan select (memilih), baik itu dengan pilihan Select All, Deselect (membatalkan), Reselect (mengulangi), Inverse untuk mengganti bagian yang tidak terselect untuk terselect dengan metode yang hampir sama seperti Invert color, dan lain-lain.
  • Menu Filter, untuk mengolah foto untuk dirubah komposisi. Dengan fitur Extract dimana pilihan tersebut bisa digunakan untuk memisahkan warna yang berbeda. pada menu Filter juga terdapat pilihan untuk memberi efek-efek pada foto menjadi arsitek, membuat foto samar-samar dengan efek Blur, memperhalus foto dengan fitur Reduce Noise, dan efek-efek lainnya. Menu Filter dapat juga digunakan untuk menaruh fitur plugin yang masih berhubungan.
  • Menu View, digunakan untuk fitur tampilan, dengan yang utama adalah fitur Zoom in, Zoom out, Fit on Screen, mengatur Screen mode, Actual Pixel dan lain-lain. Menu ini dapat dipakai akses menggunakan tombol shortcut pada keyboard.
  • Menu Windows, digunakan untuk mengatur apa saja kotak yang akan ditampilkan. Kami merekomendasikan kotak Layer, History dan Tools adalah yang terutama untuk ditampilkan. Atau akan lebih baik jika kotak Action juga ditampilkan apabila memilikinya.
  • Menu Help, menu yang cukup penting untuk diakses yang berisi konten informasi tentang Photoshop serta fitur terbaru.

3. Pelajari Tool

fungsi Toolbar Photoshop harus bisa kita pahami karena kita juga dapat membuat apa pun yang kita inginkan dengan memadukan kreatifitas dan Toolbar Photoshop, namun jangan kuatir karena pada artikel ini kita bahas tool yang ada di dalam Toolbar Photosop satu per satu sebagai acuan dasar ketika kita ingin berkreasi menggunakan photosop.

4. Maksimalkan Layer Mask

Layer Mask mungkin membingungkan bagi orang yang baru belajar Photoshop, padahal fitur ini sangat berguna. Layer Mask dapat digunakan untuk berbagai tujuan, menghindarkan proses pengeditan yang merusak.

Cara menggunakan Layer Mask, klik panel layer > pilih layer > kemudian klik Layer Mask. Pilihan tool, seperti Selection dan Paint Bucket Tools untuk mengaplikasikan warna putih ke Layer Mask tersebut.

5. Menggunakan Adjustment Layer

Adjustment Layer dapat digunakan untuk mengubah aspek visual dari suatu foto secara praktis. Cara menggunakan Color Lookup Adjustment Layer, yaitu klik Layer > New Adjustment Layer > Color Lookup. Setelah itu, pilih Preset untuk 3DLUT File dan terakhir klik OK

6. Penggunaan Pen Tool

Pada Pen Tool terdapat pengaturan Path untuk membuat pilihan sementara dan Shape untuk dibuat kostum. Selain itu, ada juga pengaturan berupa Path Operations, Alignment dan Arrangement. Jika banyak berlatih maka tentu akan paham dalam penguasaan masing-masing fungsi tool.

7. Alasan untuk File di simpan

Tujuan penyimpanan file tentunya agar file tersebut tidak hilang ketika akan digunakan lagi. Perlu juga pertimbangkan beberapa hal seperti lokasi drive akan di simpan, nama file yang mudah di ingat, format file, hingga kualitas file sebelum menyimpannya. Pastikan ukuran dan type format gambar sudah tepat

8. Hafalkan fungsi Shortcut

Beberapa shortcut yang berlaku pada Photoshop seperti CTRL+S, CTRL+N, CTRL+O, CTRL+P akan membuat pengerjaan tugas menjadi lebih cepat.

Shortcut yang dapat digunakan di Adobe Photoshop :

  1. Ctrl + D : menghilangkan bagian yang diseleksi
  2. Ctrl + T : mengecilkan ukuran foto
  3. Ctrl + shift + I : membalikkan bagian yang diseleksi
  4. Ctrl + Del : memberikan warna latar belakang
  5. Alt + Del : memberikan warna latar depan
  6. Ctrl + shift + N : membuka layer baru
  7. Ctrl + 0 : menyesuaikan ukuran gambar dengan layar/monitor
  8. Ctrl + + : zoom in/memperbesar
  9. Ctrl + – : zoom out/memperkecil
  10. Ctrl + E : menggabungkan beberapa layer
  11. Ctrl + tab : menampilkan beberapa file yang berbeda dalam satu layer
  12. Ctrl + L : membuka level warna
  13. Ctrl + U : membuka level saturasi
  14. Ctrl + J : menyalin bagian yang diseleksi