Agar berhasil dalam membuat sebuah majalah kalian perlu membuat rencana detail dari setiap hal yang ada di majalah seperti:

1. Pengonsepan majalah

Buat rencana yang matang dengan obrolan iseng pun kalian bisa melahirkan suatu ide yang kreatif mengenai majalah. Kemudian Buat rincian tentang tema, tujuan dan visi misi majalah agar lebih mudah dalam menyusun majalah. Buat konsep produk dan pertimbangan lain seperti cara pendistribusian majalah, kalkulasi ongkos produksi. setelah semua konsep selesai kemudian pikirkan soal nama majalah tersebut.

2.Perencanaan desain

biasanya mencakup rubrikasi (pembagian rubik dalam majalah, penentuan jumlah kolom, kebutuhan foto, konsep sampul dan sebagainya. Buatlah contoh desain majalah untuk mengetahui kebutuhan ruang untuk tulisan dan gambar.

3. Bikin majalah percontohan

Contoh majalah  biasa disebut edisi dummy atau edisi 0 bertujuan untuk mengetahui keinginan konsumen atau selera pasar. Kumpulkan data yang diperlukan dalam majalah seperti rapat redaksi, isi tulisan, kebutuhan foro, gambar ilustrasi san pelengkap beritalainnya secara detail.Setelah proses pencarian data, naskah dibawa ke tim desainer kemudian dilakukan proses quality control, pengecekan ulang.

4. Evaluasi objek percontohan

Redaksi perlu mengevaluasi dummy, seperti visi misi penerbitan majalah sudah sesuai atau belum, hitungan untung-rugi.

5. Peluncuran edisi perdana

Bisa dilakukan dengan jumpa pers atau lainnya. agar kamu bisa mulai serius dalam membuat dan menerbitkan majalah edisi berikutnya.