Untuk mencetak sebuah undangan kita membutuhkan beberapa jenis kertas yang memang digunakan untuk mencetak undangan. Apa saja itu?

  1. Art Paper

Art paper merupakan kertas yang digunakan untuk percetakan undangan. Sering dipakai untuk hard cover undangan bisa juga isinya. Biasanya dilapisi dengan laminating doff, glossy dan UV. Kertas art paper memiliki ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari ukuran 85 gram, 100 gram, 120 gram hingga 150 gram. Serta memiliki permukaan yang mengkilap.

  1. Art Carton

Art carton merupakan kertas yang sering sekali digunakan untuk mencetak kartu nama. Selain harganya yang relative murah kertas ini pula dapat dikombinasikan dengan kertas yang lainnya. Kertas art carton memiliki ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari ukuran 190 gram, 210 gram, 230 gram, 260 gram, 310 gram hingga 400 gram.

  1. Aster

Aster merupakan salah satu kertas yang digunakan untuk mencetak undangan. Aster sendiri merupakan kertas yang termasuk dalam kategori mahal, karena memang harganya yang berbeda dengan kertas yang biasanya. Namun, memang kualitasnya bagus dan sangat cocok untuk bahan percetakan undangan. Aster memiliki permukaan kertas yang halus.

  1. Brief Card (BC)

Kertas ini memang bukan kertas yang dikhususkan untuk percetakan undangan. Karena kertas BC sendiri pada mulanya hanya digunakan untuk cetakan disekolah-sekolah ataupun kantor-kantor pemerintahan. Namun, seiring berjalannya waktu, kertas BC ini digunakan untuk pembuatan undangan. Walaupun kertas BC termasuk dalam kategori kertas yang murah. Namun, ketika didesain sebagus mungkin tetap hasilnya bagus.

  1. Jasmine

Kertas jasmine ini merupakan kertas yang banyak diminati orang-orang untuk mencetak sebuah undangan. Dengan teksturnya kasar dan terdapat gliter-gliter silver maupun gold membuat undangan yang dicetak memberikan kesan indah serta menawan.

  1. Ivory

Kertas dengan jenis ini merupakan kertas yang cukup menarik untuk dijadikan kertas undangan. Dengan karakteristiknya yang berpadu seperti kertas art paper dan matt paper. Pada sisi yang satu memiliki sisi yang mengkilap sedangkan yang sisi lainnya memiliki dasar doff. Sangat cocok sebagai kertas undangan pernikahan. Kertas Ivory ini memiliki beberapa ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari 210 gram, 250 gram, 300 gram, 350 gram hingga 400 gram.

  1. Akasia

Kertas akasia adalah kertas yang sering digunakan untuk mencetak undangan, sertifikat, piagam juga photo. Karakteristik dari kertas ini memiliki tekstur seperti kain dengan garis-garis membentuk tenunan. Undangan yang menggunakan kertas ini terkesan mewah dan sangat menarik.