Garis tepi pada teks memiliki banyak fungsi, yang terpenting sepertinya untuk menambah kesan pada teks yang ada.

Langkah-langkah untuk memberikan garis tepi pada sebuah teks adalah :

  1. Tuliskan teks yang diinginkan. Pembuatan stroke dapat diterapkan pada semua jenis teks baik pada kotak teks, rectangle, ellipse, atau teks pada sebuah path.
  2. Untuk memberikan stroke, Anda harus menampilkan terlebih dahulu jendela Stroke dengan meng-klik menu Window > Stroke.
  3. Di jendela Strokeisikan tebal (weight) dari garis tepi yang diinginkan. Dalam kondisi standar, nilai dari weight ini adalah 0 yang menandakan tidak ada garis tepi.
  4. Setelah garis tepi diisikan, tulisan tampak lebih lebar seperti terlihat di gambar berikut :
  5. Walaupun stroke sudah ada tetapi belum terlihat adanya tampilan garis tepi karena warna dari tulisan dan warna dari stroke sama-sama hitam sehingga tidak tampak perbedaan antara keduanya. Karena itu di langkah berikutnya anda harus memberikan warna berbeda bagi stroke dan bagi tulisannya.
  6. Untuk memberikan warna, anda masih harus tetap memilih sebuah teks kemudian tekan menu Window > Color sehingga muncul jendela Color.
  7. Di kedaan standar, warna yang ditampilkan di jendela color hanya hitam-putih. Untuk menampilkan warna, anda dapat menekan tombol garis seperti paragraph dan menekan menu RGB atau CMYK.
  8. Ada dua bagian variabel yang akan diberikan warna, yakni teks-nya dan garis tepi/stroke -nya. Untuk mengaturnya, anda dapat menekan ikon yang bergambar huruf T.
  9. Setelah teks diberi warna yang berbeda dengan stroke maka tampilan stroke dari teks akan terlihat.

Berikut pembahasan tentang memberikan garis tepi pada sebuah teks pada Software Adobe Indesign, semoga bermanfaat 😀