Software yang mempelajari tentang pengeditan foto, atau gambar dan pembuatan efek sesuai dengan nama Photoshop, biasanya Photoshop ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan, karna software ini dikhususkan sebagai perangkat  yang digunakan dalam format RASTER atau BITMAP. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas diantaranya :

  1. PSB adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB.
  2. PSD (Photoshop Document) adalah format yang digunakan untuk menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, blend mode, mask, opacity, clipping paths, channel warna, channel alpha, dan setting duotone.
  3. PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur software PhotshopDeluxe.

Photoshop ini juga memiliki bentuk perubahan pada setiap perkembangan zaman, disebabkan dengan perkembangan teknologi dari setiap zamannya meningkat membuat versi dari aplikasi ini berubah semakin canggih.

1.Adobe Photoshop versi 1.0

(sumber : wordpress.com)

Tahun 1990 secara resmi meluncurkan program Adobe Photoshop versi 1.0 berkapasitas sama dengan sekeping floppy disk (1,4 Mb) yang hanya bisa dioperasikan untuk komputer ber-platform Macintosh.

2.Adobe Photoshop versi 2.0

(sumber : MachintoshGarden.org)

Diluncurkan pada juni tahun 1991 icon yang telah memiliki warna pada foto mata dan frame yang berwarna merah. Dengan berkembangnya Adobe versi 2.0, photoshop telah berkembang menjadi standar grafis.

3.Adobe Photoshop versi 3.0

(sumber : machintoshgarden.org)

Adobe ini di luncurkan pada September 1994 di mana dalam versi ini mulai diperkenalkan fitur Layer dan Palette dengan tab-tab. Tidak jauh berbeda untuk icon, Werlcome Splash, Toolbar dan Workspacenya.

4.Adobe Photoshop versi 4.0

(sumber : webdesignerdepot.com)

Adobe ini diluncurkan pada November tahun 1996 di mana dalam versi ini diperkenalkan fitur Actions dan terdapat fitur Layer yang lebih sempurna.

5.Adobe Photoshop versi 5.0

(sumber : azmolstudio.blogspot.com)

Adobe ini diluncurkan pada Mei tahun 1998, terdapat fitur History yang digunakan untuk membatalkan beberapa perintah yang dieksekusi sebelumnya, juga diversi ini terdapat tool Magnetic Lasso dan Type.

6.Adobe Photoshop versi 6.0

(sumber : Canadian content.net)

Adobe ini diluncurkan pada September tahun 2000, tampilan user interface-nya lebih sempurna dan beberapa fitur seperti Liquify dan Vector Shapes ditambahkan.

7.Adobe Photoshop versi 7.0

(sumber : softwarestoic.com)

Adobe ini diluncurkan pada Maret tahun 2002, Toolbar yang di miliki lebih banyak, ditambah lagi dengan text fully vector, Healing Brush dan painting engine yang baru.

8.Adobe Photoshop versi CS1 (8.0)

(sumber: Canadian content.net)

Adobe ini diluncurkan pada Oktober tahun 2003 plug-in ‘Camera RAW’ di-update ke versi 2.x. Tool Slice lebih sempurna juga Fungsi Shadow\Highlight dan Match Color ditambahkan. Selain itu ada juga filter Lens Blur dan Smart Guides, Pada versi ini logo sudah berubah dan nama Photoshop berubah menjadi Adobe Creative Suite (CS)

9.Adobe Photoshop versi CS2 (9.0)

(sumber: wordpress.com)

Adobe ini diluncurkan pada April tahun 2005 plug-in Camera RAW di-update ke versi 3.x dan ditambah lagi beberapa fitur seperti: Smart Objects, Image Warp, Lens Correction’, Smart Sharpen, Vanishing Point, New Spot healing brush dan Red-Eye tools.

10.Adobe Photoshop versi CS3 (10.0)

(sumber: socialweb.com)

Adobe ini diluncurkan pada April tahun 2007 user interface-nya lebih tinggi dan terdapat fitur seperti Smart Filters, Refine Edge, Auto bend Layers, Auto Align Layers, dan Black and White Conversion, logonya pun dirubah menjadi inisial ‘PS’ saja.

11.Adobe Photoshop versi CS4 (11.0)

(sumber: musthafa.net)

Adobe ini diluncurkan pada Oktober tahun 2008 beberapa fitur terbarunya yaitu kemampuan mengolah gambar 3 dimensi, menambahkan aksi pada sebuah gambar tanpa mengubah atau merusak file asli, ditambahkan tool Content Aware Scaling, dan masih banyak lagi.

sekian terimakasih..

semoga bermanfaat 🙂