Extrude merupakan salah satu tool yang ada di corel draw yang berfungsi untuk memberikan kesan 3D terhadap suatu object ataupun teks. Visual 3D tentunya akan sangat memeberi kesan nagi sebuah desain dan sebuah desain pun akan terkesan lebih profesional.

Utuk cara penggunaan dari tool extrude ini sangat mudah untuk diapresiasikan, mari kita simak artikel berikut ini.

Untuk langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu membuat sebuah objek, objek tersebut bisa berupa bentuk ataupun teks, lihat sampel dibawah ini :

Disini saya menggunakan hurup R untuk objek yang akan kita edit menggunakan extrude ini.

Setelah selesai membuat objek langsung saja kita menuju Toolbox, pada tampilan Toolbox default maka klik segitiga kecil dibawah Blend Tool, maka anda akan melihat Tool bernama Extrude, silahkan pilih kemudian klik (tahan+Drag) objek yang akan anda extrude.

Beginilah hasilnya :

Untuk mendapatkan warna yang lebih terlihat 3D lagi, kita akan mengubah warna dari efek yang sudah diberikan, seperti berikut.


Maka hasilnya akan seperti ini :


Perhatikan Property Bar, ada banyak pengaturan yang dapat anda lakukan untuk membuat objek 3D, tentu setiap pengaturan mempunyai efek yang berbeda-beda.

Nah begitulah kawan artikel yang saya buat tentan salah satu tool yang ada di corel draw ini yaitu tool extrude, semoga mempermudah kalian dalam proses mendesain kalian.

good bye……