kalian harus mengetahui tips-tips berikut:

  1. Posisikan diri sebagai konsultan bukan kuli gambar.

Ini tips yang pertama yang wajib anda ketahui. Kalian harus dapat memahami antara konsultan dan kuli gambar yang siap melakukan apa saja permintaan klien, tetapi kalian siap memberi masukan untuk memastikan bisnis klien anda berhasil, dengan memperhatikan target pasar mereka.

  1. Cintai pekerjaan

selanjutnya yang anda harus paham ialah anda harus mencintai pekerjaan atau profesi yang sedang anda lakukan sekarang, agar tak ada rasa terpakasa atau tertekan saat kalian melakukan pekerjaan tersebut dan anda tak akan merasa bosan terhadap pekerjaan yang sedang kalian lakukan sekarang.

  1. tentukan tarif

Tarif desain inilah yang menjadi perhatian seorang, karena tak mudah mejadi seorang desainer grafis yang sukses apabila setiap tarif harga yang ia beri tak sesusai dengan klien, tapi bukan berarti seorang desainer grafis harus menjual jasanya dengan harga murah, namun seorang desainer grafis harus menentukan perhitungan matang-matang saat menentukan tariff penjualanannya, karena setiap penjual memiliki harga masing-masing terhadap apa yang dijualnya. Para desainer grafis juga harus tau kapan harga desainnya harus naiknya.

  1. Konsisten

Konsisten adalah sikap yang menjadi kunci dalam menjadi seorang yang sukses.

Menjadi seorang pekerja harus konsisten, pintar-pintar dalam memenejemen waktu, terus belajar menambah wawasan, meng upgrade pengetahuan. Pastikan anda selalu konsisten dalam melakukan bisnis, professional, konsisten atas tariff yang anda tetapkan kepada klien. Bebicara dengan cara sebagaimana menjadi seorang yang professional.

  1. Buat formula untuk perhitungan tarif

Pastika kita tepat mebuat formula terhadap tarif yang kita tetapkan. Formula penentuan tarif bermacam-macam yaitu bisa berdasarkan flat rate maupun hourly rate.

  1. Membuat bussiness rule

Sebagai desainer grafis pastikan membuat aturan-aturan professional, layaknya standar perusahaan.

Adapun business rule yang dilakukan sebelum mengerjakan sebuah projek:

  • Harus sama-sama menandatangani surat perjanjian kerjasama (bermatrai)
  • Pastikan semua poin-poin dalam surat perjanjian telah benar dan matang, bahwa harus melakukan pelunasan terlebih dahulu sebelum melaksanakan konsep
  • Penerimaan uang muka 50%
  • Hanya menunjukan konsep desain yang menggunakan watermark

Kesimpulannya, bekerjalah semaksimal mungkin, cintailah pekerjaan anda, selalu yakin, bahwasanya kesuksesan itu berawal dari sebuah keyakinan bahwa kita bisa.

Mungkin hanya itu saja tips yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.