Pengertian Nirmana

Nirmana, terbentuk menjadi 2 kata yang berbeda yaitu nir yang berarti tidak, sedangkan mana yang berarti makna. Jika kedua kata tersebut di gabungkan maka akan menjadi arti yang tidak bermakna. Berawal dari bentuk dasar yang di pelajari itu seperti segitiga, kotak, bulat, maupun garis melengkung yang sedemikian rupa diracik menjadi makna yang tertentu. Nirmana juga bisa di artikan menjadi hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra dan trimatra yang mempunyai nilai keindahan.

Jenis-jenis Nirmana

Nirmana terdiri dari 2 jenis yaitu, nirmana 2D(Dwimatra) dan nirmana 3D(trimatra).

Nirmana Dwimatra

  • Dwimatra, berasal dari kata dwi dan matra. kata matra tersebut memiliki arti seperti panjang, lebar, maupun tinggi. akan tetapi kata matra tersebut lebih sering di gunakan dalam bidang seni seperti musik dan sastra. jadi, Nirmana dwimatra merupakan nirmana 2 dimensi yang memiliki 2 ukuran yaitu panjang dan lebar seperti seni lukis dan seni grafis. nirmana dwimatra itu biasa di kenal dengan nirmana datar. nirmana tersebut hanya bisa di lihat melalui satu arah saja seperti lukisan dan batik yang keindahannya hanya bisa di rasakan melalui penglihatan. dwimatra tersebut mempunyai unsur-unsur rupa seperti warna, bentuk, garis maupun penerapannya serta mempertimbangkan komposisi irama dan kesatuan kedalam karya bidang datar menjadi kesatuan yang selaras.

Contoh nirmana 2 dimensi :

Nirmana Trimatra

 

  • Trimatra, tri yg berarti tiga sedangkan matra tersebut memiliki arti seperti panjang, lebar, tinggi, yang memiliki ketebalan ruang serta volume. akan tetapi kata matra tersebut lebih sering di gunakan dalam bidang seni seperti seni kerajinan dan seni keriya. jadi, nirmana trimatra yaitu nirmana 3 dimensi yang memiliki 3 ukuran seperti panjang, lebar , dan tinggi. nirmana trimatra itu biasa di kenal dengan nirmana ruang. nirmana tersebut hanya bisa di lihat dari berbagai sisi yang keindahannya hanya bisa di rasakan melalui sentuhan. nirmana tersebut mempunyai unsur-unsur sama seperti nirmana dwimatra yaitu melatih kreatifitas dalam bentuk 3 dimensi serta pengenalan material seperti bahan, struktur dan juga sifatnya serta dapat dinikmati dari berbagai sudut pandang untuk mencapai keserasian rupa.

Contoh nirmana 3 dimensi :