DPI (Dots Per Inch) yang artinya adalah “Titik Per Inci”. Jadi bisa da artikan semakin tinggi DPI maka akan semakin banyak informasi warna yang terdapat pada sebuah gambar, shingga akan semakin banyak detail yang di tampilkan yang bisa anda lihat dan tampilannya juga akan menjadi semakin jelas dan tajam.

Anda bisa membayangkan jika anda menyusun foto pada sebuah dinding yang menggunakan ubin berukuran 1inci dan setiap satu ubin memiliki warna yang berbeda, maka itu bisa disebut 1dpi, dan anda harus melihat dengan jarak yang cukup jauh agar gambar terelihat lebih halus dan bagus. Berbeda jika anda menggunakan ubin setengah inci, maka yang dihasiljkan adalah 2dpi dan anda tidak harus melihat terlalu jauh untuk bisa melihat foto agar tampak bagus.

DPI ini digunakan untuk resolusi pada printer dan akan mempengaruhi teks atau foto yang di cetak. Jika semakin besar ukuran DPI maka hasil teks atau foto yang dicetak juga akan semakin bagus dan tajam, namun sebaliknya jika ukuran DPI semakin kecil maka hasilnya juga tidak akan terlalu bagus dan tajam bahkan akan trlihat buram.

Salah satu contoh adalah printer dot matrix yang menggunakan jarum, tapi cetakan yang di hasilkan kurang baik yaitu hanya 60-90 dpi. Selain itu ada inject printer yang menggunakan tinta cair maka cetakan yang di hasilkan akan semakin rapat dan tajam yaitu antara 300-600 dpi. Ada juga printer laser yang menggunakan serbuk dan hasil cetakannya lebih baik dari dua printer tersebut yaitu antara 600-2400 dpi. Jika ingin melihat ukuran DPI pada sebuah gambar atau teks maka anda harus menggunakan lensa khusus dan tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Resolusi DPI pada sebuah cetakan juga di pengaruhi oleh PPI (Pixel Per Inch) pada layar monitor, jadi semakin tinggi ukuran PPI pada layar, cetakan yang dihasilkan juga akan semakin bagus. PPI adalah jumlah pixel per inci, jadi semakin besar ukuran PPI akan semakin jernih juga tampilan gambar dan layarnya. Selain itu besarnya resolusi PPI juga akan berpengaruh pada grafis sebuah game, jika ukuran PPI semakin tinggi maka tampilan visual gamenya juga akan semakin bagus.