Seperti yang sudah kita ketahui jika Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop adalah Software yang sering dipakai oleh pengguna Desain Grafis untuk membantu mereka dalam menciptakan karya atau membuat karya walaupun kedua Software ini sama-sama di rilis oleh perusahaan Adobe dan tentunya kedua Software ini ada perbedaan masing-masing. Walaupun tidak hanya kedua Software ini saja yang memiliki perbedaan tetapi saya akan membahas perbedaan dari masing-masing kedua Software ini dan ini perbedaan Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop yang wajib kalian ketahui.

1. Bahwa yang sudah kita ketahui jika letak perbedaan utama kedua nya terletak di tahun peluncuran atau bisa disebut dengan tahun rilis Software tersebut. Versi pertama Adobe Illustrator dirilis pada tahun 1987 dan Adobe Photoshop dirilis pada tahun 1990.

2. Tentunya masing-masing dari kedua Software tersebut memiliki fungsi yang berbeda, walaupun dirilis oleh perusahaan yang sama tetapi sebuah perusahaan tidak akan mau merilis Software dengan fungsi yang sama. Seperti yang sudah kita ketahui jika Adobe Illustrator memiliki fungsi yang lebih dominan digunakan oleh seorang Desainer Grafis dan Adobe Photoshop lebih dominan digunakan oleh seorang Photographer atau seorang pengguna digital.

3. Jika sudah berbicara tentang fungsi pasti kita juga akan membedakan dari segi kerja Software tersebut. Ketika sedang dalam tahapan Zoom in Software Adobe Illustrator memiliki tingkat ketajaman gambar yang lebih dibandingkan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator mampu Zoom in sampai dengan 900% dengan tingkat gambar yang sangat jelas dan tetap tajam sedangkan Adobe Photoshop ketika kita Zoom in sampai di atas 300% makan gambar akan pecah dan gambar akan berantakan.

4. Perbedaan selanjutnya dilihat dari segi lembar kerja kedua Software tersebut, Jika sering menggunakan kedua Software tersebut pasti anda tau perbedaan yang satu ini. Adobe Illustrator mampu membuat beberapa lembar kerja atau Artboard dalam satu file desain kita tanpa kalian membuat file baru sedangkan Adobe Photoshop kalian hanya dapat membuat atau menampilkan satu file saja dan ketika anda ingin membuat lembar kerja lagi kalian harus membuat file baru dengan judul yang baru juga.

5. Perbedaan selanjutnya saat kita ingin menyeleksi gambar, ketika kita ingin menyeleksi gambar di Software Adobe Illustrator akan menyeleksi gambar secara menyeluruh sedangkan Software Adobe Photoshop akan menyeleksi gambar yang hanya kita pilih saja.

6. Seperti yang sudah kita ketahui jika perintah undo Ctrl Z digunakan untuk membatalkan perintah yang telah kita jalankan, Ctrl Z juga pasti sering kita gunakan untuk kedua Software ini, jika kita melakukan perintah undo pada Software Adobe Illustrator kalian bisa membatalkan perintah lebih dari satu kali sedangkan pada Software Adobe Photoshop kalian hanya dapat membatalkan perintah satu kali saja dan dapat membolak-balikkan perintah saja.

7. Setelah kalian mengetahui perbedaan Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop dari tahun rilis sampai dengan perintah undo, sekarang saya akan membahas perbedaan kedua Software tersebut dari segi penyimpanan file. Dalam proses penyimpanan file di Adobe Illustrator Software tersebut dapat menyimpan file dengan proses yang cepat dan singkat sedangkan di Adobe Photoshop kalian dapat menyimpan file dengan proses yang lama sesuai dengan kapasitas dokumen tersebut.

Demikian beberapa perbedaan antara Software Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator yang wajib kalian ketahui. Semoga bermanfaat 😀