Young Handsome Graphic designer using graphics tablet to do his work at desk

Desain grafis memiliki banyak ragam sejarah, kata “Desain Grafis” baru muncul pada tahun 1922 ketika William Dwiggins menciptakan kata untuk menggambarkan seni mendesain dengan grafis. Pada awalnya desain grafis hanya sebuah seni menggambar menggunakan tangan, tapi semakin berkembang pesatnya teknologi, saat ini desain grafis sudah diaplikasikan melalui alat digital.

Awal Mula Terciptanya Desain Grafis

walaupun kata “Desain Grafis” itu belum ada tapi beberapa karya desain seperti tipografi dalam huruf dan grafik kuno di dinding gua sudah bisa mewakili bahwa adanya desain grafis. Pada tahun 1940-an desain grafis muncul di poster propaganda era tersebut yaitu poster “We Can Do It” dengan Rosie The Riveter. barulah ketika teknologi mulai berkembang seluruh industri yang dikenal sebagai desain grafis bermunculan.

Tahun 1960-an

Pada saat protes politik pada masa itu terbentuklah sebuah seni poster untuk hak-hak sipil dan perang vietnam, yang kemudian selembaran desain itu disebarluaskan agar pesan mereka tersampaikan ke banyak orang.

Tahun 1970-an

Pada masa ini pengaruh budaya lain mulai masuk ke dalam desain di seluruh dunia. Jepang yang sudah pulih dari perang dunia II dengan cepat menjadi pemeran utama dalam industri ini, saat dunia mempengaruhi Jepang, Jepang juga mengubah bagian dunia lainnya melalui desain. Beberapa elemen dari seni Jepang seperti simetris.perpaduan warna, dan ikon pada desain. Dari situlah banyak orang yang menekuni desain produk dan penggunaan ikon.

laptophustle.com/the-evolution-of-graphic-design/

contohnya dalam iklan craig stereo 1977 yang memunculkan tokoh musisi terkenal untuk mempromosikan stereo dengan slogan pendek dan detail lebih lanjut berada di bagian bawah poster.

Tahun 1980-an

pada tahun 80an ini yang menarik perhatian orang dalam desain grafis adalah dari warna-warna yang cerah dan berani juga dalam tipografi, dimasa ini sudah banyak orang yang menggunakan komputer, microsoft juga sudah memperkenalkan windows yang bisa mempermudah orang dalam mendesain secara digital, ciri teks yang besar dan kotak kotak memberikan kesan seni grafiti.

Tahun 1990-an

Pada tahun 1990, Photoshop 1.0 hadir. Saat itu, orang hanya bisa menggunakan Photoshop dengan komputer Macintosh. Kelahiran alat baru inilah yang mengubah kemampuan desainer untuk bereksperimen dengan teknik baru, termasuk teks yang tumpang tindih, elemen pudar, dan hamparan digital.

Tahun 2000-an

Tahun 2000-an mulailah adanya hal baru bagi desainer grafis. Selain alat menjadi lebih kuat, orang – orang pun sudah mendesain di perangkat portabel, seperti ponsel cerdas. Selain itu, desainer mulai menyadari pentingnya mendesain dengan cara yang terlihat bagus di semua jenis perangkat. Dunia desain di era ini mulai mencari cara untuk membuat logo statis terlihat seperti sedang bergerak.

Perubahan Baru

Desain grafis saat ini mendominasi campuran teknik dan gaya desain. Tren muncul dari tahun ke tahun dan terkadang dari bulan ke bulan. Pada 2017, penggunaan teks potongan yang disatukan dengan gambar yang kuat membuat tampilan unik untuk situs web dan logo.Tren lain termasuk ikon datar dan penambahan video.

Terlepas dari mana arah desain selanjutnya, berharap bisa ada desain yang semakin meningkatkan pengalaman pengguna dalam kehidupan sehari-harinya.

sekian, semoga membantu…