Adobe Illustrator adalah suatu program grafis yang berbasis vektor. Yang memiliki fungsi sebagai menghasilkan suatu karya desain dengan tipe vektor. Dikembangkan pertama kali untuk komputer Apple Macintosh pada tahun 1986 dan diliris pada januari 1987.

Mengenai Adobe Illustrator dengan photoshop. mereka memiliki ciri khusus. Memang Adobe illustrator tak seterkenal dengan photoshop. Tetapi, mereka juga memiliki fungsi yang tak beda jauh dengan adobe photoshop. Karna dibuat oleh suatu system yang sama yaitu Adobe System.

Jadi, fungsi dan kegunaan dari aplikasi tersebut sangatlah banyak. Paling banyak digemari dan sering digunakan untuk membuat desain logo, brand, banner, grafik dan lain sebagainya.

Perlu diingat!. Sebelum kita mulai mendesain. Hal yang lebih dulu harus kita cermati ialah mengetahui apakah gambar tersebut gambar vektor atau gambar raster. Karna bisa berpengaruh pada hasil akhirnya. Caranya dengan memperbesar gambar tersebut. Jika gambar tersebut diperbesar pecah, maka gambar tersebut termasuk jenis gambar raster. Dan begitu sebaliknya. Jadi, jangan keliru ya.

Sebagai contoh, lihat saja logo pada suatu blog. Hasil karya tersebut harus bisa diperbesar, diperkecil ataupun memiliki ukuran yang sesuai pada tampilan layar desktop. Karna, pastinya akan berbeda ukuran antara satu dengan yang lain.

Oleh karena itu, tak bisa sembarangan membuat hasil karya desain. Setidaknya, butuh pembelajaran yang lebih mendalam lagi.