Hai teman-teman. Kali ini saya akan membahas materi transparecy tool. Sebelumnya apakah teman-teman tahu untuk apakah transparency tool itu? Sesuai dengan namanya, transparency tool digunakan untuk mentransparankan gambar atau objek yang diinginkan.

Transparency tool ada 5 jenis dalam corel draw. Apa saja ya? Ini dia pembahasannya. Check it out

1. Uniform Transparency

Dalam CorelDraw X7, Transperancy tool adalah tools yang berada diurutan ke-14 seperti yang ditunjukan oleh anak panah no 1. Saat kita mengklik tool tersebut kita akan menemui 5 pilihan. Dijung kiri kita menemui uniform transparency tool (panah 2). Fungsinya adalah untuk mentransparankan objek secara keseluruhan.

Saat kita meng-klik pilihan uniform transperancy maka akan muncul gambar seperti dibawah (ditandai dengan persegi panjang biru). Kita bisa mengatur seberapa transparan objek yang kita gunakan dengan menggeser garis biru. Secara otomatis nomor yang ada dalam tersebut akan bergeser begitu juga dengan objek yang kita buat tadi akan berubah gradasi warnanya. Semakin ke kanan maka akan semakin transparan.

2. Fountain Transperancy

Diurutan kedua ada transparency tool (ditunjuk dengan tanda panah no 1). Fountain transperancy berfungsi untuk mentransparankan sebagian objek yang dipilih. Tingkat ke-transparans nya bisa diatur juga (yang dilingkari 2). Garis putus-putus ke arah vertikal dan horizontal digunakan untuk mengatur posisi (bagian objek) yang akan di transparan-kan.

1. Persegi hitam pertemuan kedua garis (vertikal  dan horizontal) berfungsi untuk mengatur bagian yang di transparankan. Titik bisa diputar sesuai keinginan kita.

2. Garis yang ada di posisi vertikal berfungsi untuk mengatur batas transparency.

3. Persegi putih yang ada diujung garis vertikal berfungsi untuk mengatur bagian yang tidak transparan

4. Lingkaran putih di sumbu horizontal berfungsi untuk mengatur bagian yang di transparency

3. Vector Pattern Transparency

Vektor pattern transparency berfungsi untuk membuat beberapa macam bentuk lingkaran yang berpola. Pada gambar dibawah kita bisa lihat ada persegi dengan outline garis putus-putus. Itu berfungsi untuk mengatur pola lingkaran sesuai seperti yang kita inginkan.

Dalam persegi dengan outline garis putus kita bisa melihat ada 4 titik dengan 2 titik berbentuk persegi pada sumbu horizontaldan vertikal, 1 titik berbentuk belah ketupat di tengah-tengah atau sumbu pertemuan titik horizontal dan vertikal, dan 1 titik berbentuk lingkaran di salah satu titik outline persegi. Ketiga bentuk ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Pertama adalah bentuk belah ketupat. Bentuk belah ketupat ini berfungsi sebagai titik tengah atau sumbu.

Kedua adalah bentuk persegi. Bentuk persegi ini berfungsi untuk merubah posisi segitiga. Titik ini bisa diputar bebas ke berbagai arah. Apabila titik ini diputar maka pola bulat-bulat pada objek akan mengikuti bentuk pengaturnya (persegi dengan outline putus-putus).

Ketiga adalah titik dengan bentuk lingkaran. Titik ini berfungsi untuk menarik persegi pengatur hanya ke dua arah (depan dan belakang).

4. Bitmap Pattern Transparency

Bitmap pattern transperancy berfungsi untuk membuat efek batu bata pada objek.

5. Two-Colour Pattern Transparency

Two-colour pattern transparency berfungsi untuk membuat bentuk lingkaran (pulkadot) berwarna putih dengan warna dasar sesuai dengan warna yang telah kita pilih sebelumnya