Halo teman-teman, pada artikel kali ini, saya akan membagikan tutorial manipulasi foto menggunakan photoshop. Oke kita langsung saja ke tutorialnya.

 

 

Pertama buka software kesayangan kita, selanjutnya klik File/Open, lalu pilih foto atau gambar yang ingin di edit manipulasi sebagai background.

Disini saya membuat manipulasi “Burger Invasion” hanya menggunakan 2 bahan, Yaitu Foto pemandangan gunung sebagai background dan burger png(transparan) sebagai objek manipulasi.

Bila sudah menaruh background, mari kita siapkan bahan objeck ke 2 (di sini saya menggunakan burger). Dengan cara klik File/Place lalu pilih gambar/foto.

Setelah objek ke 2 di siapkan, teman-teman tinggal mengcopynya dengan cara Klik kanan pada Layer Object 2 lalu pilih “Duplicate” atau tahan tombol “Alt” pada keyboard lalu klik objek dan geserkan. Posisikan objeknya ke tempat yang di inginkan. Seperti contoh di bawah

Jika bahan ke 2 (objek) sudah siap, selanjutnya kita hapus dengan menggunakan tools Eraser dengan opacity rendah. Saya tidak tahu berapa poin pasnya untuk opacity. karena, tergantung posisi objek. Tapi saya disini menggunakan Opacity 20%. Ya, Kurang lebih hasilnya seperti ini setelah menggunakan tools Erase (Penghapus).

Dan sentuhan yang terakhir adalah pemberian effect-effect. Pada tutorial kali ini saya hanya menggunakan 2 adjustment. Yaitu Brighness dan Exposure. Caranya Klik Adjustment Pilih Brighness dan Exporse.

Untuk Opsi Brightness/Contrast, Saya menggunakan Brightness -57 dan Contrast -19.

Dan Untuk Exporse, Saya atur untuk Exporse: 0.00, Offset: +0.0280, dan Gamma Correction: 0.62 Lebih lengkapnya bisa teman-teman lihat seperti contoh di bawah.

Selamat! Teman-teman sudah berhasil membuat karya manipulsi foto^^.

Bagaimana? Apa masih ada yang kesulitan? Kurang jelas? Karena bahan berbeda dengan contoh?

Saya kasih sedikit tips untuk membuat karya manipulasi. Bagi yang baru mengenal photoshop (saya juga sih hehe), Sebenarnya teman-teman tidak perlu mempelajari semua tools. Teman-teman hanya perlu fokus di Kuas (brush), penghapus (eraser), pahami tentang Opacity, Dan mempelajari opsi Adjusment (Effect). Menurut saya itu sudah lebih dari cukup jika teman-teman ingin memulai belajar dalam hal manipulasi.

 

Oke mungkin itu saja sedikit yang bisa saya sampaikan. Selamat belajar dan Sampai jumpa di artikel selanjutnya^^.