Assalamualaikum Wr wb.

Oke kembali lagi di Sekolahdesain.com tempatnya berbagi bermacam-macam tutorial dan juga artikel tentang desain grafis secara gratis tis tis.

Oke kali ini saya mao berbagi tutorial tentang membuat efek cahaya matahari, gimana caranya? Yuk simak artikelnya.

Nah langkah pertama  dan yang paling utama sekali yang harus kalian lakukan adalah membuka software Photoshop nya dulu, setelah itu kalian harus mengambil gambar mentahnya, gambar bisa kalian dapatkan dari google image atau lebih baik kalian memfoto gambarnya sendiri.

Setelah gambar mentahnya siap, lalu kalian buat layer baru.

Lalu kalian pilih menu edit > fill, atau bisa juga dengan mengunakan shortcut shift + f5 Setelah itu atur conten dengan warna  BLACK, opacity 100% dan mode normal. Setelah itu background pada layer 1 otomatis akan berubah menjadi warna hitam.

Setelah itu tambahkan penyesuaian gradient langkah selanjutnya ubah gradient style  menjadi  Radial ubah juga warna pada gradientnya menjadi warna kuning seperti matahari.

Lalu ubah blend mode menjadi  screen

hasil awalnya akan seperti ini.

Langkah selanjutnya yaitu membuat layer baru, lalu pergi ke Edit > fill > black, setelah warna layer berubah menjadi warna hitam, kalian harus menggunakan brush tool dengan warna putih untuk membuat titik-titik, pastikan kalian membuat titik-titik tersebut berada ditengah layer.

Langkah selanjutnya adalah pergi ke filter > blur > radial blur

Tekan tombol Control + F beberapa kali untuk menerapkan blur beberapa kali

Hasilnya akan seperti ini, setelah itu atur blend mode > screen

setelah itu pindahkan efek yang tadi sudah dibuat ke depan matahari yang sudah dibuat diawal.

Setelah itu tinggal membuat efek sun flarenya, Cara nya hamper sama dengan langkah sebelumnya, yaitu dengan membuat layer baru dan membuatnya dengan warna hitam.

Lalu ke filter > render > lens flare

Lalu atur bkend mode ke screen, setelah itu arahkan efek itu ke depan matahari Setelah itu, pergi ke menu layer > new adjustment > dan tambahkan color balance, lalu atur warna sesuai dengan kebutuhan.

Nah, hasil akhirnya akan terlihat seperti ini.

semoga artikel ini dapat bermanfaat buat temen-temen yang sedang mempelajari software Photoshop.

gimana, mudahkan ?

selamat mencoba.