Nirmana adalah sebuah gambar yang penyusunannya terdiri dari beberapa elemen elemen kecil sehingga membentuk sebuah gambar dan Nirmana bisa juga di sebut sebuah gambar ilusi mata, yang dapat membuat kita tertipu ketika melihatnya. Nirmana ada dua bentuk yaitu dwimatra (dua dimensi) dan trimatra (yang berbentuk dalam bidang) yang harus memiliki sisi keindahan.

Unsur Unsur Nirmana.

1. Titik

Titik adalah dasar dari sebuah garis atau bentuk, yang  berawal dari titik dan berhenti di    titik juga yang berbentuk dua dimensi.

google search image

2. Garis

Garis adalah gabungan dari dua titik yang bertemu garis bisa berbentuk panjang,               pendek, tebal, tipis, horizontal, vertikal, lengkung dan gelombang.

google search image

3. Bidang

Bidang adalah suatu bentuk datar yang memiliki panjang, lebar dan luas. Bentuk bisa          berbentuk geometris, organis, bersudut, tak beratur dan bulat.

google search image

4. Bentuk

Bentuk adalah gabungan dari beberapa elemen yaitu titik, garis, dan bentuk sehingga        terlihat sebuah bidang yang memiliki panjang, lebar, tinggi dan volume yaitu sifat ruang.

google search image

Penjelasan di atas merupakan penjelasan nirmana dan unsur unsur nirmana. semoga bermanfaat yaa. See you in my next article.