Pada postingan kali ini kita akan memberikan rekomendasi beberapa font terbaik yang bisa kalian gunakan untuk desain dan ilustrasi. Kita telah memilih dari beberapa font yang ada dan semuanya tersedia secara online.

Berikut ini beberapa font yang bisa anda download dan gunakan:

  1. Bitter

Font Sans-serif memang selalu baik untuk di gunakan, dan tipe Slab serif ini di rancang khusus untuk memberikan pengalaman yang nyaman bagi para pembacanya. Perancang font Bitter ini adalah Sol Matas, dengan di kolaborasikan dengan tipe Argentina Huerta Tipográfica. Ini menggabungkan dari tinggi huruf dan variasi minimal pada garis font.

  1. Playfair Display

Ini adalah salah satu keluarga font Serif gratis. Font Playfair Display ini mendapatkan inspirasi dari Eropa akhir abad 18 dan perancang tipe kerja John Baskerville. Format huruf ini memiliki garis yang rumit, seperti tulisan yang menggunakan pena baja runcing yang populer saat itu. Proyek desain tipografi ini di pimpin oleh perancang Belanda Claus Eggers Sørensen. Dan di kembangkan secara open source.

  1. Lora

 

Font Serif gratis dengan lengkungan yang kontras. Lora adalah font yang dirancang seperti kaligrafi. Awal di rancangnya pada tahun 2011 untuk penggunaan type Cyreal, kemudian ditambahkan nuansa Cyrilic pada tahun 2013. Font ini hadir dengan 4 gaya: Biasa, Tebal, Miring dan Tebal Miring.

  1. Butler

 

Butler memberikan nuansa modern pada font Serif. Butler adalah salah satu font gratis rancangan Fabian De Smet yang terinspirasi dari keluarga Dala Floda dan Bodoni. Tujuannya untuk menambah nuansa modern ke dalam kelompok font Serif. Di buat dengan lengkungan font serif klasik dan menambah kelompok stensil.

De Smet mengatakan font ini baik di gunakan untuk Poster, Judul, Buku dan sesuatu yang bernuansa mewah.

  1. Arvo

 

Avro adalah salah satu font Slab-serif Geometris Superior. Font ini baik di gunakan untuk media layar dan cetak. Dirancang untuk bacaan yang baik. Di rancang oleh  Anton Koovit. Font ini di publikasikan di sistem google font sebagai font gratis.

  1. Crimson Text

Crimson Text adalah kelompok font gratis yang terinspirasi dari tipografi buku kuno. Font yang dibuat khusus untuk produksi buku ini inspirasinya berasal dari tipografi buku zaman dahulu yaitu Garamond-esque. Desain font ini adalah Sebastian Kosch yang terlahir di Toronto, Jerman. karya Jan Tschichold, Robert Slimbach dan Jonathan Hoefler adalah yang mempengaruhi desain font ini.

Desain senior UX, Taylor Palmer, yang berbasis di Utah, AS. “Crimson adalah serif yang canggih untuk membuat alternatif yang bagus pada tipografi tradisional Garamond-esque,” katanya. “Ini juga memiliki bahasa yang sangat ekspresif, yang menjadi pasangan kuat untuk sans serif geometris seperti Futura atau Avenir.”

 

  1. Aleo

Aleo menjadi salah satu font gratis yang langka yang mampu menyeimbangkan antara kepribadian dan keterbacaan yang baik. Aleo memiliki bentuk semi-bundar dan bentuk yang ramping, memberikan nuansa kepribadian namun tetap mempertahankan tingkat keterbacaan yang baik. Dirancang oleh Alessio Laiso,  perancang di IBM Dublin, di bawah SIL Open Font License sebagai pembawa serif untuk Lato.

  1. Cormorant

Cormorant adalah font yang terinspirasi oleh kehebatan Garamond. Inspirasi tampilannya oleh warisan Garamond dan diproduksi oleh Christian Thalmann, alias Catharsis Fonts. Font ini paling cocok di gunakan untuk teks poster dan juga headline yang berukuran besar, baik untuk layar maupun media cetak. Tetapi font ini juga sangat mudah di baca pada ukuran teks yang lebih kecil.

 

  1. Brela

Font brela baik di gunakan untuk desain editorial, baik untuk bagain utama atau isi teks. Brela merupakan font serif humanistik yang di rancang untuk desain editorial. Dengan ukuran tinggi font ini sangat mudah terbaca, bahkan pada ukuran kecil tetapi hasilnya sama baiknya dengan ukuran judul utama yang lebih besar. Perancang font ini adalah agen kreatif Makarska studio Spanyol, hadir dalam tipe biasa dan tebal.

 

  1. Libre Baskerville

 

Font Libre Baskerville di optimalkan untuk pembaca teks pada layar. Ini adalah font web yang dioptimalkan untuk isi teks (biasanya 16px). Proyek open source ini dipimpin oleh Impallari Type, peranancangan tipe desain ini bertempat di Rosario, Argentina.

“Saya suka membaca dengan font Libre, seperti Libre Baskerville,” antusias dari Taylor Palmer, seorang perancang senior UX yang berbasis di Utah, Amerika Serikat. Dia juga menyarankan font yang mirip, yaitu Libre Franklin yang juga gratis. “Libre Franklin menggunakan jenis tipografi tradisional yang kuat  seperti Franklin Gothic, yang cocok di jadikan sebagai kalimat berita misalnya judul surat kabar, tapi cukup sederhana untuk dijadikan teks paragraf,” Ia menjelaskan.