Sebelum kita bergelut didunia desain grafis. Terlebih dahulu kita harus tau dan mengenali apa sih yang dinamakan desain grafis itu?. Dan apa aja sih istilah-istilah yang ada di desain grafis. Mari kita simak penjelasan berikut tentang istilah apa saja yang harus kamu ketahui.

  1. RGB DAN CMYK

RGB (Red Green Blue) adalah warna dasar. Warna yang dimana menjadi model warna pencahayaan. Berfungsi untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar yang gelap (hitam). Warna RGB biasanya lebih terang dan jelas dan berkapasitas file besar. Hal ini dikarenakan RGB digunakan untuk presentasi visual pada monitor.

CMYK (Cyan Magenta Yellow Black) bisa juga dikenal sebagai substractive color. warna standar desain yang biasa digunakan saat proses cetak atau printer. Jadi jika ingin mengirim desain brosur ke dalam mesin cetak, gunakanlah pengaturan warna CMYK atau kamu akan mendapatkan hasil cetak yang berbeda dari yang terlihat dimonitor.

  1. Raster dan Vektor

 Raster yang biasa kita kenal disebut juga gambar Bitmap. Gambar Bitmap itu ialah gambar yang dihasilkan dari titik-titik pixcel. Dan kekurangan dari gambar bitmap itu, apabila kita perbesar suatu gambar atau objek tersebut maka pecah /blur. Karena kualitasnya terbatas. Jika kita merubahnya bisa menjadi lebih sulit .

Vektor Ialah format gambar yang ditentukan oleh garis yang membentuk akan sebuah obyek atau gambar. Ukuran gambar vektor itu sendiri bisa ditingkatakan dan dikurangi di setiap derajat dan barisnya tanpa mengurangi hasilnya.

3.  Tipografi (Typography)

            Tipografi desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Atau bisa diartikan juga sebagai ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga pembaca mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. ‘

Sebagai orang desain grafis, kita harus tau jenis-jenis font atau jenis tulisan. Ini beberapa jenis huruf antara lain :

  • Roman
  • Egyptian
  • Sans serif
  • Script
  1. DPI dan PPI

            DPI ( Dot Per Inch ) berpengaruh pada jumlah titik per inci per halaman cetak.  Secara umum, semakin banyak dor per inci maka kualitasnya akan semakin baik.  Standar DPI untuk printing adalah 300 DPI.

            PPI ( Pixel Per Inch ) berpengaruh pada jumlah pixsel per inci dalam sebuah gambar. Jika kamu perbesar gambar di Photoshop, maka akan mengurangi jumlah piksel per incinya, atau kualitas gambar akan menurun.

Ingat, resolusi hanya berlaku untuk pengolahan gambar raster, karena vektor tidak bekerja menggunakan itu.

  1. Logo/Brand

            Logo lambang atau simbol khusus yang mewakili suatu perusahaan atau organisasi. Logo bisa berupa nama, lambang atau elemen grafis lain yang ditampilkan secara visual. Sebuah logo diciptakan sebagai identitas agar mudah dikenal dan dibedakan dengan perusahaan kompetitor/pesaing.

            Brand (merek) identitas suatu perusahaan atau organisasi. Namun brand tidak hanya digambarkan dalam sebuah simbol (seperti logo), brand bersifat menyeluruh. Brand bisa berupa Nama, simbol/logo, bentuk, iklan, slogan, maupun penggunaan kombinasi warna.

Sebuah brand yang baik diciptakan dengan menggulangi penggunaan unsur-unsur tersebut secara konsisten untuk menggambarkan identitas yang jelas dari sebuah perusahaan. Kita mengenal slogan “just do it” sebagai salah satu bagian dari branding Nike. Nike konsisten menyisipkan slogan tersebut dalam berbagai bentuk promosi baik dalam media cetak maupun iklan televisi. Konsistensi tersebut lambat laun menggugah ingatan konsumen terhadap produk Nike yang secara perlahan akan berujung membentuk prilaku konsumen yang responsif terhadap layanan yang ditawarkan dalam promosi.