pixartprinting.co.uk/blog/secret-indesign/

Adobe Indesign adalah software canggih yang penuh dengan fitur yang bertugas untuk membuat dokumen dan mempersiapkannya untuk dicetak lebih efisien. Di bawah ini kami memberi tips lima alat InDesign yang sedikit diketahui tetapi akan memfasilitasi dan mempercepat alur kerja kamu.

1. PANEL OUTPUT

Bekerja dengan objek yang tumpang tindih yaitu panel Pratinjau Atribut dan Pemisahan.

Ada dua cara untuk mencetak objek yang ditumpangkan, pertama mencetak berlebih dan yang kedua menjebak.
Dengan pencetakan berlebih, objek di latar depan dicetak langsung ke objek di bawahnya, mencampur tinta kedua objek tersebut. Dengan trapping, objek di latar depan dicetak di atas spasi dengan dimensi yang sama, sehingga tinta tidak bercampur dan objek dicetak dengan warna aslinya.

Jika mode overlay tidak ditentukan, InDesign menerapkan ink trapping secara default.
Panel Pratinjau Pemisahan (Window> Output> Separations Preview) menunjukkan cara di mana dua atau lebih objek yang tumpang tindih akan dicetak. Untuk menggunakannya, pilih Separasi di menu View.

Mode overlay yang ingin kamu gunakan untuk setiap objek di InDesign dapat diatur melalui panel Attributes (Window> Output> Attributes). Opsinya mencakup Overprint Fill, Overprint Stroke dan Non-Printable, dengan opsi terakhir memungkinkan kamu untuk bekerja dengan objek yang terlihat di InDesign tetapi tidak akan dicetak.

2. DAFTAR ISI

Membuat indeks otomatis

Fungsi yang paling berguna dari Daftar Isi adalah kemampuan untuk membuat indeks secara otomatis dari style paragraf. Untuk menghasilkan indeks secara otomatis, pertama-tama setel style paragraf dari index dan style yang akan diadopsi dalam indeks (TOC styles).

Dalam hal ini, output style (TOC styles) telah diberi tab kiri dan indentasi kiri Kemudian, di menu layout > tabel of contents menu, masukkan input dan output paragraf style, tetapkan levelnya dan jika perlu, berikan style baru untuk judul daftar isi. Klik OK untuk membuat bingkai teks dengan indeks yang telah kamu buat. Untuk memperbarui indeks setelah menambahkan atau mengedit konten, klik Layout lalu Perbarui table of contents

3. HIGHLIGHTING HYPHENATION dan JUSTIFICATION

mengatur justification ke yang lebih baik

Opsi preferences di InDesign ini memungkinkan kamu untuk melihat baris teks yang dibenarkan jika justification dan hyphenation dinonaktifkan akan menyebabkan justification yang buruk. Untuk melihat ini, buka preferensi InDesign (InDesign CC > Preferences > composition) dan pilih H&J Violations.

Dalam mode tampilan normal, pelanggaran akan disorot dalam tiga warna kuning yang berbeda, yang paling gelap menunjukkan pelanggaran paling serius dan yang paling terang menunjukkan yang paling tidak serius. Untuk memperbaiki pelanggaran paling serius, kamu dapat mengubah ukuran font dan lebar kotak, atau mengubah opsi hyphenation dan justification di Paragraph panel.

4. SPLITSTORY.JSX

Mengganggu aliran teks di antara bingkai

Skrip SplitStory.jsx sudah diinstal sebelumnya di InDesign dan memungkinkan teks yang mengalir di antara dua atau lebih bingkai teks dapat dibatalkan tautannya.
Untuk menjalankan skrip ini, pertama-tama pilih kotak teks yang ingin kamu batalkan tautannya. Lalu pergi ke Window> Utilities> Scripts.

Di panel Scripts, buka Application> Samples> JavaScript dan klik dua kali pada SplitStory.jsx. Ini akan mempertahankan teks yang ada di dalam kotak tetapi sekarang akan menjadi paragraf terpisah.

5. PAGE TOOL

Ubah ukuran halaman secara terpisah

Alat Halaman memungkinkan untuk mengubah ukuran satu atau lebih halaman dari dokumen InDesign CC secara terpisah dari sisa halaman dan halaman master. Untuk menggunakan alat Halaman, klik ikonnya di panel sisi kiri atau tekan Shift + P.  Setelah alat Halaman dipilih, kamu bisa memilih halaman di meja kerja dan mengubah ukurannya di panel atas jendela InDesign. lalu pilih antara ukuran standar atau mengatur pengukuran khusus.

Sekian, semoga membantu…