1. Tipografi

Banyak logo yang sukses cuma dengan memakai tipografi. Baik itu serif atau sans serif atau jenis font lain. Memakai tipografi bisa memberikan semacam “emosi” terhadap mereka yang melihat.

2. Bentuk

Banyak sekali logo yang bentuknya unik dan menarik. Namun tetap perhatikanlah bentuk logo yang mau kita desain, sebab setiap bentuk, baik bundar, lurus, siku dan lainnya akan memiliki arti sendiri; bisa pasif, bisa aktif. Misalnya adalah klien kita memesan logo untuk produk air kemasan, sebaiknya jangan kita membuat bentuk logo dengan bentuk segi enam

3. Warna

Warna adalah salah satu hal sangat berpengaruh dalam membuat logo, sebab jika warna yang kita pakai salah, bisa jadi pesan serta emosi yang mau kita sampaikan kepada masyarakat menjadi tidak elegan. Warna logo seharusnya sederhana serta gampang diingat, namun tetap dapat memberikan ekspresi langsung pada masyarakat atau konsumen. Memakai warna yang sederhana pun menghemat biaya produksi

4. Selera

Hal ini pula bisa menentukan dalam pembuatan logo mengingat selera setiap orang pasti berbeda-beda serta sangat subyektif.

5. Kesederhanaan

Buatlah sebuah logo yang memorable dan mudah diingat. Selain untuk membuat ketertarikan di benak konsumen logo yang sederhana juga akan memberikan sebuah tempat dan kesan yang baik bagi siapa saja yang melihatnya.

Berbeda dengan logo yang terkesan abstrak dan sulit untuk diingat, orang-orang cenderung dengan mudah melupakan entitas brand yang digambarkan dengan visual abstrak yang rumit karena akan sulit untuk diartikan dan dikaitkan dengan kesan dan identitas brand tersebut.

6. Riset

Riset merupakan aspek paling penting dalam membuat suatu logo. Riset ini kunci dalam membuat logo yang bagus. Riset yang dimaksud tentu bukan riset hanya dalam waktu 1-2 jam, namun riset secara penuh. Kita wajib mengerti perspektif dari pemesan logo. Berbicara dengan klien, orang-orang yang ada pada perusahaan itu, klien dari perusahaan itu, para distributor, kemudian mencari data-data yang akurat mengenai perusahaan tersebut, baru kemudian mulai membuat logonya.

7. Keseimbangan

Keseimbangan berarti, membagi berat antara kanan atau kiri, dan antara atas dan bawah secara simetris atau rata. Keseimbangan ini mudah untuk dilihat karena setiap sisi nya sama, maka dengan sendirinya kita akan beranggapan bahwa logo tersebut seimbang hanya dengan melihatnya.

Itulah 7 hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan logo, semoga bermanfaat!!