Adobe InDesign adalah perangkat lunak desktop publishing yang diproduksi oleh Adobe Systems yang dapat digunakan untuk membuat poster, brosur, bahkan majalah atau buku. InDesign merupakan kompetitor langsung QuarkXPress.

Adobe InDesign merupakan Software atau sebuah aplikasi yang digunakan untuk pembuatan Suatu karya seperti flyer, poster, majalah, browsur, dan lain sebagainya. Artinya, aplikasi ini berfokus pada dokumen percetakan. Aplikasi yang dikeluarkan oleh Adobe Systems ini termasuk ke dalam satu diantara sekian banyak aplikasi dekstop publishing.

Adobe InDesign bukan hanya digunakan untuk komputer, melainkan juga sudah kompatibel dengan hp dan tablet yang nantinya akan berkaitan dengan Adobe Digital Publishing Suite. Para seniman dan desainer grafis merupakan pengguna utama dari software ini. Adobe InDesign juga merupakan Perangkat unakyang penggunaannya berkaitan dengan tata letak atau layout dari majalah, buku, maupun juga koran.

Kelebihan InDesign :

  • Punya tools untuk membuat gambar menjadi blur sehingga berguna untuk censorship atau efek artistik yang lain.
  • Dapat melakukan import dan membuat gambar menjadi transparan dengan sempurna.
  • Anda yang tidak puas dengan logo atau gambar yang sudah jadi bisa diulang kembali dan menghasilkan desain yang lebih memuaskan dari sebelumnya dengan perintah undo atau ctrl+z yang lebih dari sekali.
  • Ada fasilitas untuk membuat tabel.
  • Mampu untuk membuka file pmd.
  • Mudah sekali untuk meng-convert gambar menjadi format .pdf yang bisa dicetak atau dikunci sebagai pengamanan dokumen.

Kelemahan InDesign :

  • Hanya dapat digunakan untuk membuat layout atau format master untuk majalah atau buku. Sehingga apabila Anda ingin desain yang lebih detail dan rinci, Adobe Indesign tidak memiliki tools yang memadai. Untuk mendesain sebuah logo atau simbol yang lebih rinci dan leluasa Anda bisa menggunakan Adobe Illustrator.
  • Dari segi math type, untuk Pagemaker masih mudah memindahkan math type ke Pagemaker. Sedangkan di Adobe Indesign Anda harus menempatkannya di luar area kerja, lalu di-copy, dan di-paste di area kerja kembali.
  • Jika memilih format teks rata kanan kiri atau justify, menghasilkan jarak antar teks terlihat tidak seimbang baik itu terlalu jauh atau terlalu dekat sehingga membutuhkan sedikit usaha untuk menyeimbangkannya.