gambar diambil dari zamzamilistianah.com

oke guys artikel kali ini membahas tentang Nirmana Langsung saja Tak perlu Berlama berlama simak penjelasnnya di bawah guys..!!

Nirmana merupakan pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur yang menjadi satu kesatuan yang harmonis. nirmana juga dapat memiliki arti hasil imajinasi dalam bentuk dua atau tiga dimensi yang mempunyai nilai keindahan. Sementara tata cara penyusunan dari berbagai unsur rupa sendiri merupakan Prinsip Merancangnya. tetapi tata cara dan unsur tersebut dikemas melalu hirarki yang lebih tertarur mendetail, menjadi Nirmana Dwimatra untuk karya rupa 2D dan Nirmana Trimatra untuk karya rupa 3D.

Jenis Nirmana

Seperti sudah dibahas diatas nirma mempunyai 2 jenis ruang yang berbeda, dua ruang tersebut adalah:

1. Nirmana Dwimatra

Dwimatra merupakan dua dimensi, yang artinya nirmana dwimatra adalah unsur dan asas desain yang diperuntukan pada karya yang memiliki ruang dua dimensi. Pada ruang ini asas-asas tidak hanya dapat digunakan untuk menyusun suatu karya yang indah saja. tetapi, Tata letak prinsip seni digunakan juga untuk mengatur tata wimba (gambar) sebagai pengungkapan makna atau pesan yang ingin dikomunikasikan.

2. Nirmana Trimatra

Nirmana trimatra merupakan unsur dan asas desain yang diperuntukan pada karya yang memiliki ruang tiga dimensi. Isi unsur dan prinsipnya juga sebenarnya hampir sama dengan versi dua dimensinya, namun dikarenakan ruang ini memiliki dimensi lebih, maka dari itu ada beberapa sedikit tambahan. Beberapa tambahan tersebut disesuaikan dengan dimensi lebih yang terdapat pada ruang tiga dimensi.

Elemen-Elemen Unsur Nirmana

Nirmana terdiri dari beberapa unsur yang bisa diolah menjadi satu kesatuan yang indah atau sesuai dengan dampak yang diinginkan ketika merancang. Nirmana disebut juga ilmu tatarupa. Elemen–elemen seni rupa dapat dikelompokan berdasarkan bentuknya menjadi :

  • Titik merupakan unsur seni rupa yang paling dasar. Titik bisa melahirkan suatu wujud dari ide-ide atau gagasan yang kemudian akan melahirkan garis, bentuk, atau bidang.
gambar diambil dari riririsol.com
  • Garis merupakan sekumpulan titik yang terhubung dan berbeda (warna) dari latar belakang yang menampilkannya.
gambar diambil dari pinterest.com
  • Bidang merupakan suatu bentuk pipih dengan tanpa ketebalan, yang mempunyai dimensi pajang, lebar dan luas serta mempunyai kedudukan, arah dan dibatasi oleh garis.
gambar diambil dari wordpress.com
  • Gempal adalah titik, garis, atau bidang yang akan menjadi bentuk, jika kita lihat Sebuah titik sebagaimanapun kecilnya pasti mempunyai raut, ukuran, warna, dan tekstur.
gambar diambil dari hanamedina.com

Nah itulah penjelasan tentang nirmana semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian Semoga bermanfaat dan membantu kalian yang sedang mencari inspirasi untuk menggambar nirmana ya 🙂