Ada banyak peluang usaha yang bisa dijalankan oleh seorang desainer grafis, namun tidak semudah apa yang dibayangkan dan selalu banyak rintangan yang harus dihadapi. Lalu apa sajakah peluang usaha yang bisa dijalankan oleh seorang desainer grafis? Berikut ulasannya

  1. Sablon kaos digital

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sablon kaos digital mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan sablon kaos konvensional, selain rumit biayanya juga relatif mahal jika pesanan hanya 1 pcs saja. Banyak orang beralih kepada sablon digital karena hal ini. Dari alat sablon digital tidak terlalu rumit  hanya tiga alat yang perlu disediakan untuk usaha ini yaitu: komputer, printer bertinta sublimasi dan alat press atau pemanas khusus

2. Cetak kartu nama

Kartu nama seringkali dijadikan alat promosi untuk usaha atau identitas seseorang, walaupun media sosial sudah banyak digunakan pada zaman ini namun promosi dengan karu nama masih belum ditinggalkan. Kartu nama memiliki berbagai macam variasi bentuk, desain, dan bahan yang digunakan.

3. Desain foto

Ada berbagai macam jenis desain foto yang dapat menjadi peluang untuk seorang desainer grafis diantaranya adalah desain foto pengantin, prewedding, vector wajah, cover majalah dan masih banyak lagi. Untuk peluang usaha ini seorang desainer grafis hanya membutuhkan satu alat saja yaitu komputer

4. Layout media cetak

Mendesain layout untuk media cetak merupakan salah satu peluang usaha untuk seorang desainer grafis, Contoh media cetak yang membutuhkan tenaga desainer grafis antara lain adalah majalah, tabloid, buletin dan surat kabar.

5. Freelancer

Jika anda tidak memiliki modal materi namun memiliki skill dibidang desain grafis. Tidak perlu khawatir, Banyak situs-situs yang menawarkan pekerjaan desain grafis dengan cara bekerja secara online. Contoh situs yang menawarkan pekerjaan tersebut adalah Freelancer.com, Sribulancer.com, Fiverr.com dan banyak masih lagi.

6. Souvenir Digital

Souvenir banyak dicari orang untuk buah tangan dan hadiah khusus. Produk souvenir digital juga bermacam ragam, contohnya: mug, gelas dan piring yang bisa diberikan gambar atau foto. Memulai usaha souvenir ini hanya membutuhkan biaya yang relatif cukup minim. Alat yang digunakan selain komputer dan printer adalah alat press atau pemanas khusus.

Itulah 6 peluang usaha yang bisa dijalankan oleh seorang desainer grafis, semoga artikel diatas dapat menjadi bahan pertimbangan untuk anda yang akan membuka usaha mandiri.