sumber: kompasiana.com

Hello everybody… Welcome to my article!! Di era digital ini kita pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Desain Grafis. Sebenarnya apa sih desain grafis itu? Seberapa penting kah mempelajari desain grafis?  Berikut ini akan dipaparkan penjelasanya.

Desain Grafis terdiri dari dua kata yaitu Desain yang artinya perencanaan atau perancangan untuk membuat sesuatu. Dan kata grafis yang artinya bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi koordinat titik-titik dan garis sebagai media untuk menyampaikan informasi secara efektif.

Jadi pengertian desain grafis itu sendiri merupakan suatu perencanaan atau perancangan suatu gagasan  dalam bentuk komonikasi visual berupa gambar , tifografi, layout, animasi dan elemen visual yang lainya.

Orang yang bergelut di bidang desain grafis disebut graphic designer. Apakah untuk menjadi seorang desainer grafis harus pandai menggambar? Menjadi seorang desainer grafis tidak harus pandai menggambar. Namun setidaknya bisa menggambar meskipun tidak terlalu jago. Agar bisa memvisualisasikan rencana atau ide-ide nya ke dalam bentuk visual yang bertujuan memberi informasi kepada orang lain melalui hasil gambar yang di desain nya.

Menjadi seorang desainer grafis juga harus memperhatikan trend yang banyak diminati oleh client. Sebab itu merupakan suatu ide yang bisa digunakan dalam membuat suatu desain.  Seperti dalam membuat desain untuk promosi . Apabila desain tersebut menarik dan mengikuti zaman biasanya lebih mudah diterima oleh masyarakat.

Tidak hanya itu, seorang desainer grafis juga harus siap menerima resiko apapun dari para client nya. Dan harus menjadi pemecah sebuah solusi bagi client nya agar client tersebut puas. Salah satu cara agar kita bisa mengembangkan kemahiran desain kita adalah dengan banyak berlatih dan jangan membuang waktu. Mencari inspirasi dengan terjun kelapangan ataupun mencari informasi melalui media social juga merupakan ide yang bagus. Sebab ide biasanya datang dari mana saja dan kapan saja.

Itulah beberapa pemaparan mengenai apa itu desain grafis. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya… 🙂