edukasiteki.blogspot.com

Oke guys.. kali ini bertemu lagi dengan artikel saya nelly cantik kata ibu saya hehe.. baik, Artikel kali ini membahas tentang seputar desain grafis ini cocok bangett buat kamu yang lagi penasaran alias pengen tau apa itu desain grafis oke baik langsung saja tak perlu berlama-lama simak penjelasannya guys…!!

Apa Itu Desain Grafis

logo dari https://www.logique.co.id

Pengertian desain grafis merupakan suatu kegiatan yang sangat kreatif untuk menciptakan suatu karya yang fungsional dan estetis untuk berbagai jenis media yang di proses komunikasinya bukan hanya mengandalkan teks, bahkan justrunya lebih cenderung banyak menggunakan unsur visualnya. Visual yang tercipta diharapkan dapat menjadi sarana untuk penyampaian informasi atau pesan secara jelas dan efektif, bahkan mampu membentuk persepsi manusia akan sebuah hal.

Desain grafis lebih dari apa yang telah dijelaskan diatas. Pengertian desain grafis terus berkembang mengikuti siklus masa, karena bidang ini merupakan salah satu bidang studi yang paling cepat dalam beradaptasi terhadap perkembangan zaman. Jenis produk yang dihasilkannya juga semakin beragam, tidak hanya terbatas pada media cetak. Adapun tujuan dari desain grafis itu sendiri ialah  untuk memecahkan suatu masalah komunikasi melalui kombinasi elemen grafis seperti bentuk, garis, warna, dan sebagainya.

Adapun Pengertian Desain Grafis Menurut Para Ahli:

“Menurut Suyanto, desain grafis merupakan aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri. Nah Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi berupa periklanan dan penjualan produk, serta menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi”.

“Menurut danton sihombing, desain grafis merupakan yang memperkerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi maupun ilustrasi, elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi yaitu, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi”.

“Menurut Jessica Helfand, desain grafis merupakan kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka bisa menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah di ingat”.

“Menurut Warren, desain grafis merupakan suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual”.

“Menurut Blanchard, desain grafis merupakan suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan”.

“Menurut Hendi Hendratman, desain grafis dapat di artikan sebagai proses pemikiran yang di wujudkan dalam gambar”.

Kewajiban Seorang Desain Grafis

saveasbrand.com

Seorang desain grafis memiliki tujuan yang sangat penting, yaitu sebagai pemecah masalah. Bagaimana caranya membuat orang mengerti pesan yang ingin disampaikan melalui gambar yang dihasilkan. Tugas ini tidaklah mudah untuk dilaksanakan. Seorang desainer grafis harus memiliki kemampuan kognitif sekaligus keterampilan visual supaya mampu menyelesaikan pesan dengan jelas dan mudah dimengerti.

nah, itulah tentang seputar desain grafis semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian dalam membacanya 🙂