Doodle adalah adalah karya seni bersifat bebas dan tak beraturan yang menggunakan teknik mencoret yang memiliki makna dan sebagai media menyampaikan atau menuangkan perasaan si pembuatnya dan ditampilkan dalam bentuk seunik dan semenarik mungkin.

Doodle sendiri tak harus membutuhkan konsep khusus dalam pembuatannya, anda dapat menggambar bebas dengan imajinasi masing-masing.

Sejarah dari doodle art itu sendiri ialah doodle yang muncul pada awal abad ke-17 yang berarti bodoh. Doodle art itu sendiri memiliki sejarah berawal dari coret-coretan yang terdapat di gua-gua jaman dulu yang termasuk dalam gaya doodle art terua, bahkan sebelum orang mengenal tulisan, dimana doodling dijadikan alat untuk menceritakan sebuah kisah turun temurun.

Pada saat kita bosan tanpa di sadari kita terkadang mencoret coret buku dan dapat menghasilkan doodle sendiri. Apa lagi kalau di buat dengan penuh rasa dan perasaan maka hasilnya akan terlihat lebih menarik. Dan pada saat itulah para pencinta doodle semakin meningkat. Dan sekarang sudah ada berbagai komunitas para pencinta doodle art contohnya Full Of Doodle Art (FODA) dan di Indonesia dikenal dengan dengan Full Of Doodle Art Indonesia (FODAI).

Adapun macam-macam jenis doodle art:

  • Doodle fantasy

Doodle yang tidak nyata atau fiksi yang sering ada di buku novel,

  • Doodle graffiti

Doodle yang biasanya enggunakan huruf yang penuh di seluruh bagian muka kertas,

  • Doodle bunga

Doodle yang menggunakan tema bunga yang buat dengan secantik mungkin,

  • Doodle animasi

Doodle yang menggambar dengan tema animasi yang lucu dan imut, biasanya doodle ini mengambil gambar-gambar hewan,

  • Doodle pattern

Doodle yang menggunakan pattern yang sengaja di sususn rapi, teratur dan unik, dan ini termasuk doodle paling mudah untuk di buat,

  • Doodle yang menggambarkan sesuatu

Doodle yang menuangkan atau mengungkapkan gambaran suatu hal,

Langkah-langkah dalam membuat doodle:

  1. Mencari inspirasi

Dalam tahap pertama kita harus mencari inspirasi terhadap apa yang akan kita buat. Dan dalam mencari inspirasi ini tak sesulit apa yang di kirakan. Kalian bisa menggunakan suatu perasaan, tempat, lingungan sekitar atau nama kalian untuk di aplikasikan ke dalam doodle art, Tapi terkadang ide itu datang secara tiba-tiba.

  1. Ekspresikan karya dengan bebas

Dalam menggambar doodle, kalian bisa menggambar berbagai macam hal yang kalian inginkan, karena doodle tak harus menuntut sebuah gambar yang sama dalam suatu sketsa.

Gabungkan semua gambaran imajinasimu ke selembar kertas maka akan terbentuklah sebuah doodle art.