Sebagai desainer grafis pastinya kamu memerlukan media untuk preview hasil desain kamu. Mock-up adalah sebuah maket visual versi media digital untuk memperlihatkan hasil desain kamu kepada klien. Mock-Up sangat mempermudah pekerjaanmu sebagai desainer grafis karena memberikan sebuah hasil konsep desain dalam bentuk visual yang menyerupai bentuk sebenarnya ketika sudah dicetak. Hasil desain mu akan terlihat lebih menarik dan nyata karena variasi visual dari 2D dan 3D.

Masih bingung gak nih apa itu Mock-Up? Sekarang kita bahas fungsi nya deh ya. Fungsi Mock-Up sendiri seperti yang sudah disebutkan sebelumnya adalah untuk preview hasil desain kamu ke bentuk sebenarnya,kamu pun bisa melihat gambaran secara nyata hasil desain kamu seperti apa ketika sudah dicetak. Mock-Up juga bisa menghemat pengeluaran kamu karena tidak perlu repot-repot mencetak hasil desain yang belum pasti,dan pastinya bisa membantu kamu agar desainmu tidak melenceng dari konsep awal.

Cara mendesain Mock-Up sendiri kini sudah sangat mudah dan efisien loh,karena tinggal mengunduh template Mock-Up lalu gabungkan dengan hasil desainmu lewat software yang kamu kuasai. Mock-up juga punya berbagai jenis macam produk yang berbeda dan punya detail yang berbeda pula.

Dibawah ini adalah beberapa macam-macam Mock-Up yang sering kita temui:

-Mock-Up fashion

sumber: mockupworld.co

Jenis MockUp ini biasa kita temukan di sebuah marketplace fashion yang menampilkan model baju yang sama tetapi dengan desain dalam dan warna yang berbeda. Sekarang dengan mudahnya menampilkan hasil desainmu ke dalam sebuah baju tanpa perlu memproduksi bajunya lalu melakukan pemotretan berulang kali.

-Mock-Up phonecase

sumber: mockupworld.co

Lalu ada Mock-Up phone case yang kini memudahkan kamu ketika ingin membeli phone case karena hasilnya pun terlihat dengan resolusi yang lebih tinggi dan terlihat lebih menarik daripada memakai foto phonecase aslinya.

-Mock-Up packaging

sumber: mockupworld.co

Selanjutnya ada Mock-up packaging yang kini banyak digunakan. Karena semakin banyak usaha-usaha percetakan packaging dengan desain kekinian yang menarik para pemilik wirausaha. Dan dengan mudahnya mereka hanya perlu menaruh desain yang di mau oleh klien untuk preview.

Nah,udah tau kan sekarang Mock-Up itu apa. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu yaa… jangan lupa di share juga ke teman-teman mu!