Bitmap adalah sebuah gambara yang disusun oleh objek yang disebut pixel. dengan Kerapatan ribuan hingga jutaan kotak-kotak warna (pixel) yang tersusun sehingga membentuk sebuah gambar yang dinamakan resolution (resolusi).

Pada Gambar bitmap memang tidak akan pecah jika ukurannya diperkecil, namun akan terlihat buram dan pecah jika ukurannya semakin diperbesar dari ukuran aslinya. bitmap juga membutuhkan suatu peresolusi yang tinggi jika ingin mencetaknya (print). maka dari itu gambar akan terlihat buram atau pecah-pecah dalam hasil cetaknya. Hal ini jugalah yang menjadikan ukuran file gambar bitmap akan lebih besar bila dibandingkan dengan ukuran file dari gambar vektor.

Namun, gambar bitmap ini  sangat tepat digunakan bila gambar tersebut memiliki banyak gradasi warna yang kompleks dan juga adanya bayangan pada gambar. Gambar bitmap akan terlihat sangat halus untuk menampilkan perpaduan banyak warna. Misalnya pada sebuah foto, atau lukisan digital tersebut.

karena itu layar komputer menampilkan gambar dengan resolusi dalam satuan pixel, maka gambar yang akan ditampilkan adalah gambar bertipe bitmap. Tentunya tipe gambar ini sangat populer  dalam dunia digital.

Format file gambar bitmap:

PSD (“PhotoShop Document”): adalah Merupakan format yang standar  untuk software Photoshop dengan dukungan layer.

TIFF (“Tagged Image File Format”): sangat Memungkinkan kompresi gambar tanpa kehilangan kualitas. Digunakan juga sebagai alternatif PSD dengan ukuran yang lebih kecil.

JPEG (“Joint Photographic Expert Group”): Sistem pada kompresi gambar yang sangat populer dalam dunia digital komputer dan fotografi.

PDF (“Portable Document Format”): untuk menyimpan gambar vektor dan bitmap dalam sebuah bentuk dokumen. Sangat berguna untuk file yang akan dicetak

GIF (“Graphics Interchange Format”): pada Umumnya digunakan sebagai gambar bergerak dengan menggunakan 256 warna untuk menghasilkansalah satu lapisan (layer) yang layaknya animasi.

PNG (“Portable Network Graphics”):Menggunakan suatu sistem kompresi yang sangat memungkinkan untuk transparansi pada gambar tersebut. Dan PNG pun memiliki kemampuan transparansi yang sama seperti file GIF, tetapi dengan kualitas yang lebih baik.

RAW (“Right Angle Weave”): Dikenal sebagai digital negative. Yang sangat terpopuler  dalam dunia fotografi.

 

Image by https://b.kisscc0.com