Hay guys, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial, dan yang pasti mudah untuk dilakukan pemula. Untuk line art sendiri sebernya cukup sulit untuk pemula, namun kita bisa mengakalinya dengan menggunakan filter dan desaturate. Karena hanya menggunakan filter dan desaturate saja, tentunya Line Art tanpa Pen Tool ini banyak kekurangannya salah satunya adalah hanya bisa untuk gambar-gambar kartun maupun Anime saja.

Lanjut ke tutorialnya langsung yaitu Line Art tanpa Pen Tool, dan berikut adalah tutorial membuat Line Art tanpa Pen Tool secara lengkap.

LANGKAH PERTAMA

Yang pasti buka dulu gambarnya menggunakan File->Open atau juga bisa menggunakan shortcurt Ctrl+O. Ingat! Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, Line Art tanpa Pen Tool ini hanya bisa untuk objek Kartun dan Anime saja.

LANGKAH KEDUA

Masuk ke menu Filter->Stylize->Find Edges. Find Edges untuk membuat garis-garis berwarna. Bisa dilihat dari gambar yang sudah kita Find Edges.

LANGKAH KETIGA

Nah, kalau cuma pake Fine Edges kan garisnya masih berwarna untuk membuatnya menjadi hitam (layaknya Line Art), gunakan Desaturate yang berada di images->Adjustments->Desaturate, maka hasilnya bakal seperti gambar dibawah ini.

Dan gambarpun sudah menjadi Line Art. Cukup mudahkan ? tapi saya ingatkan lagi bahwa cara barusan adalah hanya untuk gambar/objek seperti kartun maupun Anime dan tidak untuk objek hidup seperti Manusia. Oke sekian dulu guys tutorial pada hari ini, terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.