RAR adalah salah satu program yang di buat oleh Eugene Rosha yang ada pada computer berfungsi untuk mengontrol dan mengekstrak file, dan mengompresnya agar ukuran filenya menjadi kecil dengan cara mengumpulkan beberapa file agar menjadi lebih ringan dan ringkas dan dapat di satukan dalam sebuah file. Winrar tersedia di OS 32 bit dan 64 bit untuk operating system windows, linux, FreeBSD, DOS dan MacOS.

Dalam SO windows winrar terdiri dari 2 versi yaitu:

  • Versi grafik user interface: WINRAR EXE
  • Versi command linw console (versi text) L : RAR exe

Sedangkan ZIP sendiri di ciptakan oleh Phil Katz, ialah sama hal nya dengan RAR yang digunakan untuk mengompres dan mengarsipkan file dan hasil dari kompresnya berupa format.

Dilihat dari fungsi-fungsinya hampir sama antara RAR dan ZIP, nah dibawah ini akan dibahas perbedaan antara RAR dan ZIP:

  1. Dilihat dari segi keamanan RAR memperlukan program tambahan untuk mengatur password nya, sedangkan ZIP mendukung pengaturan password enkripsi
  2. Dilihat dari segi ekstraksi RAR hanya beberapa platform yang sudah built-in, sedangkan ZIP sudah banyak built-in di berbagai platform
  3. Dari segi format RAR .r01, .rar, .r00 dan rev, sedangkan ZIP .zip dan .zipx
  4. Dari segi kompres RAR proses kompresnya lama dan hasil kompresinya lebih kecil, sedangkan ZIP proses kompresnya cepat dan hasil kompresinya hampir sama
  5. Dari segi ukuran kompresinya RAR tidak terbatas hinga sampai (8.589.934.591 GBG) sedangkan ZIP tidak lebih dari 2GB
  6. Dari segi pemakaian algoritmanya RAR deflate, sedangkan ZIP LZMA

Di atas telah di jabarkan perbedaannya, walaupun agak lebih unggul ke ZIP, dengan demikian RAR juga tak mau kalah, RAR mempunya kelebihan yang tak di temukan pada format ZIP yaitu mampu merekrontruksi arsip yang rusak, perlindungan/kunci arsip, dan melindungi arsip penting dari modifikasi yang tidak disengaja dan RAR juga mampu menciptakan arsip multi-volume.

Nah jadi kesimpulannya semua fungsi-fungsi dari kedua program tersebut hamper sama, mereka meiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, walaupun jika diperhatikan beberapa fungsinya hampir sama saja antara format RAR dan ZIP.