Brush merupakan fitur yang sangat penting yang ada pada Photoshop, mulai dari Versi awal sampai pada versi CS6 Brush sangat membantu dalam hal pembuatan manipulasi gambar.

Photoshop sebenarnya sudah memiliki brush standar yang dapat kita gunakan untuk membantu kita dalam hal pembuatan manipulasi gambar, namun brush standar yang sudah disediakan oleh Photoshop sangat membatasi kreativitas seorang desainer grafis dalam membuat sebuah karyanya. Selain brush yang sudah disediakan photoshop, kita juga dapat mendownload brush sesuai keinginan kita. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak artikel nya.

Sebelum kita mengetahui cara mendownloadnya, kita harus tahu dulu nama web yang menyediakan brush, diantara banyaknya situs web yang menyediakan brush yang paling sering dipakai adalah Brusheezy.com. Di web ini anda dapat sepuasnya mendownload brush secara geratis.

  1. Pertama kita harus membuka situs webnya terlebih dahulu, lalu kita cari brush sesuai dengan kebutuhan kita.

 

2. Setelah ada hasil pencarianya, lalu kita pilih brush yang hendak didownload. Pastikan itu bukan brush premium.

3. Setelah anda berhasil mendownload, anda harus mengekstrak file nya terlebih dahulu, caranya mudah, pertama kalian buka brush yang didownload, setelah terbuka, file abr tersebut harus kalian tarik keluar dari file zip nya.

 

4. Setelah itu, kalian harus membuka software Photoshop milik kalian lalu klit Brush Tool atau tekan huruf B, lalu kalian harus memilih Brush Preset yang ada pada Tool Option Bar, lalu kalian harus mengklik icon yang berbventuk seperti gir yang biasa dipakai untuk icon pengaturan, lalu pilih menu Load Brush.

5. Lalu kalian pilih brush yang tadi sudah kalian download dan sudah di ekstrak.

6. Langkah selanjutnya adalah kalian harus mencari dan menggunakan brush tersebut, biasanya brush yang baru diinstal berada dipaling bawah.

  1. Setelah ketemu, kalian bisa langsung menggunakan brush tersebut, namun biasanya brush yang baru dipasang memiliki ukuran yang sangat besar, cara memperkecil ukuran brush adalah dengan menggunakan kurung kurawal sebelah kiri, sesuaikan ukuran brush dengan kebutuhan kalian.

Mudah bukan cara mendownload dan menggunakan brush baru? Semoga artikel ini bermanfaat.

Selamat mencoba