https://www.boleh.id/bolehtau/software-editor-video-konten-kreator/

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, pernah denger gak sih istilah Conten Creator? Artikel kali ini kita akan membahas apa itu conten creator. Secara singkat, conten creator adalah orang yang membuat konten di Instagram, Youtube maupun Facebook. Orang yang membuat video vlog di YouTube misalnya, itu sudah bisa disebut sebagai content creator. Orang yang membuat konten kesehatan di Instagram, itu juga sudah bisa disebut sebagai content creator.

Masa sekarang, content creator sangat dibutuhkan dalam dunia marketing, karna untuk mempromosikan suatu product, peran media sosial tidak kalah dari mempromosikan product di stasiun tv. Conten creator secara khusus membuat sebuah konten dalam hal ilmu pengetahuan atau hiburan, sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh audiens. Tak hanya YouTube, Instagram dan Facebook, tapi konten yang sudah dibuat juga disebarkan lewat blog, infografik dan juga ebook. Semakin sering kita meng-uploud suatu konten dan isi kontennya juga menarik, maka itu akan menjadi sebuah nilai yang bagus bagi masyarakat. Terlebih lagi, kebanyakan masyarakat mencari sebuah informasi atau referensi di media social, jadi ini adalah sebuah peluang besar yang bisa kita garap.

Kesempatan untuk menjadi content creator professional tidak hanya dimiliki oleh para selebritas atau blogger, kita juga bisa menjadi content creator professional. Kunci dari membuat sebuah konten yang menarik banyak orang adalah kreatifitas. Semakin tinggi kreatifitas kita, maka semakin tinggi pula rating yang dihasilkan. Bisa dibilang, untuk membuat satu konten melibatkan otak kiri dan otak kanan.

Bagaimana menjadi Content Creator yang handal?

Ada 4 hal dasar yang harus kita miliki

  1. Rajin membaca

Dengan membaca, akan banyak ilmu yang kita serap dan akan banyak pula konten yang kita buat. Karna sebuah konten terkhusus konten yang berkaitan dengan ilmu pelajaran sangat membutuhkan banyak ilmu, jadi tidak sekedar hanya menyebarkan ilmu umum yang sudah diketahui saja, tapi juga menyebarkan ilmu yang jarang diketahui orang lain. Tidak semua orang suka membaca, tapi dengan membaca, dapat menjadi modal yang sangat bagus untuk kepribadian kita

  1. Pelajari Audience

Konten apa yang kita buat? Dan teruntuk siapa konten itu disampaikan? 2 hal itu sangat penting dipahami dahulu sebelum membuat sebuah konten. Dengan kita memahami isi konten kita dan mengetahui untuk siapa konten diperuntukan, maka kita telah berhasil satu langkah untuk menjadi conten creator professional. Contoh yang salah adalah jika kita membuat konten pengetahuan arsitektur, tapi kebanyakan follower kita adalah dari kalangan anak-anak… ya mana nyambung.

  1. Konten sebagai solusi

Buatlah konten yang kita buat sebagai solusi dalam suatu permasalahan seseorang. Ciri-ciri content creator yang berhasil adalah jika ada seseorang yang punya suatu permasalahan atau suatu hal yang harus segera diketahui, maka akun media sosial kitalah yang pertama dicari dan dibutuhkan, bisa dibilang, konten-konten yang kita buat adalah ‘bagian dari hidup mereka’.

Oke… itulah conten creator dan bagaimana supaya menjadi seorang content creator yang handal, semoga bermanfaat, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.