Gimp atau GNU Image Manipulation Program adalah softwere atau perangkat lunak yang digunakan untuk memanipulasi poto dan juga grafik. Gimp sendiri adalah perangkat lunak bebas yang dapat digunakan di windows, linux, ataupun OS X.

Sekarang GIMP menggunakan GEGL untuk semua pengelolaan ubin dan membuat grafik asiklik untuk setiap proyek. Ini adalah prasyarat untuk menambahkan pengeditan non-destruktif yang direncanakan untuk v3.2. Manfaat lain dari menggunakan GEGL adalah mampu bekerja pada gambar di linear RGB ruang warna sebagai lawan (persepsi) gamma-dikoreksi RGB ruang warna. Ia memiliki banyak kemampuan. Ini dapat digunakan sebagai program cat sederhana, program retouching kualitas foto ahli, sistem pemrosesan batch online, penyaji gambar produksi massal, konverter format gambar, dll.

GIMP dapat diperluas dan diperluas. Ini dirancang untuk ditambah dengan plug-in dan ekstensi untuk melakukan apa saja. Antarmuka scripting yang canggih memungkinkan semuanya dari tugas paling sederhana hingga prosedur manipulasi gambar yang paling rumit agar mudah ditulis.

Gimp mulai dikembangkan oleh Spencer Kimball bersama temannya Peter Mattis pada tahun 1995 yang menjadi proyeknya dalam semester panjang di Universitas of California fakultas komputasi experimental.