Dari BEGINNER hingga MASTER

Bagi anda seorang desainer grafis pemula, yang masih bingung mencari software atau aplikasi untuk belajar desain grafis, dan ingin meraih hasil seorang master desain, maka inilah kuncinya. Kuy, simak ulasan dan previewnya.

sumber gambar dari veritrustacademyc.com

Desain grafis merupakan salah satu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagai media penyampaian informasi. Saat ini, Desain grafis menjadi sebuah kebutuhan penting bagi perusahaan.

Untuk seorang pemula atau yang baru mengenal desain grafis, ada baiknya mengetahui bahwa desain grafis sendiri merupakan ilmu yang berasal dari seni desain yang menggunakan bantuan komputer untuk proses pembuatannya ( Desain Visual ). Seni ini mencakup keterampilan visual termasuk di dalamnya seperti tipografi, ilustrasi, pengolahan gambar, dan tata letak. Orang yang bekerja dalam bidang ini disebut desainer grafis.

Dalam dunia desain grafis, terdapat berbagai macam software desain terbaik dan terpopuler yang cocok digunakan untuk pemula hingga profesional ( Master ).

4 Software Desain Grafis Terpopuler

https://www.google.com/search?q=aplikasi+desain+grafis
  1. Adobe Photoshop ( Raster Gambar Editor )

Photoshop salah satu perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotographer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3, versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4, versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5, versi ketigabelas adalah CS6, dan versi terbaru adalah Adobe Photoshop CC.

https://www.google.com/search?q=perkembangan+photoshop

This slideshow requires JavaScript.

Adobe Photoshop merupakan salah satu software desain grafis paling populer saat ini. Meskipun sebenarnya software ini secara khusus dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar dan biasa digunakan oleh para fotografer untuk mengedit foto hasil jepretannya agar terlihat lebih menarik.

Namun, Adobe Photoshop juga sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan desain grafis seperti membuat banner, desain logo, tipografi, dan kebutuhan desain lainnya.

Dengan jumlah pengguna yang tergolong banyak di antara software serupa, kamu bisa mempelajari tutorial penggunaan software ini melalui blog desain, video YouTube, atau membeli buku-buku khusus tutorial Adobe Photoshop untuk pemula hingga profesional.

  1. Adobe Illustrator ( Vektor Grafis Editor )

Sama halnya dengan Photoshop, Illustrator juga Software keluaran Perusahaan Adobe System yang bergerak di vektor grafis editor cocok untuk membuat Vektor kartun, logo, tipografi, hingga sketsa menjadi lebih mudah dengan illustrator.

Jika ingin membuat sebuah desain vektor seperti sketsa, tipografi atau bahkan deasain illuatrasi yang lebih kompleks untuk kebutuhan video, Adobe Illustrator merupakan pilihan yang tepat untuk mengerjakan itu semua.

Dengan Adobe Illustrator, semua pekerjaan desain kamu akan menjadi lebih cepat selesai. Software desain ini juga hadir dengan plugin yang sangat membantu sekali dalam membuat halaman web atau landing page menjadi lebih menarik.

Pada versi terbaru, kamu akan mendapat fitur seperti Cretive Cloud, yang bisa kamu manfaatkan dalam menggunakan aplikasi pada PC desktop maupun Mac.

Selain itu, keuntungan lain dari Illustrator adalah tersedianya tools seperti Touch-type and The Free Transform yang akan membuat hasil desain kamu lebih sempurna.

Namun, hanya satu kekurangan dari software ini yaitu harganya yang terbilang cukup mahal.

  1. CorelDraw ( Vektor Grafis )
Corel Corporation awalnya didirikan oleh Dr. Michael Cowpland pada tahun 1985. Beliau merupakan seorang staf dari Corel Corporation, menjual produk Corel kepada Intel Based Desktop Publishing System, yang merupakan sejarah awal dibuatnya CorelDRAW. Kemudian pada tahun 1987, Corel Corporation merekrut Michel Bouillon dan Pat Beirnet sebagai programer. Akhirnya CorelDRAW atau tepatnya CorelDRAW 1.0 dirilis pada tahun 1989 bersamaan dengan diluncurkannya Windows 3.1.
https://www.google.com/search?q=perkembangan+coreldraw

Bagi seorang web designer maupun graphic designer, CorelDraw merupakan salah satu software desain vektor tanpa batas yang paling banyak digunakan saat ini.

Bukan tanpa alasan, software ini memiliki fungsi keren dan kemudahan yang tidak dapat dimiliki oleh software lainnya.

Dengan CorelDraw, kamu mempunyai kontrol penuh untuk membuat hasil desain menjadi lebih cepat dan dinamis. Jika menggunakan CorelDraw versi X5 ke atas, kamu mendapatkan fitur inbuilt organizer (Corel CONNECT).

Ada beberapa tools di dalamnya seperti Twirl, Smear, Repel dan Attract yang membuat proses editing objek vektor menjadi sangat mudah. Panduan Alignment memungkinkan kamu untuk memposisikan objek sesuai dengan kebutuhan.

Software ini bekerja dengan lancar untuk file berukuran besar di Corel Photo-Paint, bisa dibilang sebagai software desain grafis yang wajib dimiliki.

Beberapa kelebihan CorelDraw

  • Kustomisasi tampilan antarmuka yang bagus
  • Desain software yang segar
  • Tersedia video tutorial
  • Adanya paket langganan atau lisensi software

Kekurangannya

  • Belum tersedia untuk Mac
  • Cukup rumit untuk pemula
  • Navigasi software tidak mudah
  • Menu navigasi tidak terlihat
  1. Adobe InDesign ( Lay Out Editor )

InDesign adalah salah satu software keluaran Perusahaan Adobe System yang lebih spesifik bergerak di bidang desain lay out cover buku, brosur dan majalah dengan jumlah page (halaman) yang banyak dibandingkan dengan Illustrator.

Didukung oleh Adobe, InDesign merupakan salah satu software unggulan dalam membuat layout untuk dekstop dan mobile. Adobe InDesign sangat ideal untuk penggunaan desain layout seperti majalah online, brosur atau majalah digital.

https://www.google.com/search?q=Indesign&tbm

Fleksibilitas software ini cukup bagus, memungkinkan kamu untuk drag and drop pada layer dan mengubah ukuran gambar dengan mudah.

InDesign juga mendukung layanan seperti Behance dan Typekit untuk kamu mempublikasikan hasil karya digital baik berupa fotografi, video, desain dan pengembangan web atau aplikasi.

Kelebihannya

  • Menggabungkan teks dan gambar menjadi mudah
  • Cukup mudah digunakan oleh pemula
  • Fitur-fitur beragam dan keren

Kekurangannya

  • Cukup terbatas untuk kebutuhan desian grafis
  • Dukungan tools untuk desain kurang
  • Penyesuaian untuk edit gambar terbatas

Itulah 4 software desain grafis terbaik untuk pemula yang bisa kamu coba dan pelajari.

Sudah terpikirkan akan memakai software ( Aplikasi ) desain pilihanmu. Fokus Sob…..dengan apa yang kau sukai, one software for design akan tetapi fokus, Ok.

semoga menambah wawasan dan ilmu baru serta bermanfaat, pilih sesuai dengan yang kamu sukai, sampai jumpa di artikel berikutnya.