creativemaker.com

eBook menjadi semakin populer sebagai bagian dari strategi pemasaran, dan menggunakan konten yang bagus, inilah pentingnya memahami jenis konten apa yang akan digunakan dalam pembuatan cover tersebut.

tapi, sebelum beralih ke hal-hal lain, mari kita berkenalan apa sih e book itu? Untuk membuat semuanya tetap sederhana, eBook hanya seperti namanya: sebuah buku elektronik. Orang-orang saat ini menyukai sesuatu yang praktis untuk dapat membaca dari mana saja secara virtual di perangkat apa pun, karenanya munculnya eBook.

Sebagai pemasar, membuat eBook adalah peluang yang bagus untuk menyediakan konten informatif dan berharga bagi pembaca (calon pelanggan). Mereka juga merupakan aset yang sangat bagus untuk menciptakan kesadaran dan pengembangan dari bisnis kamu,

Sebenarnya kita tidak boleh melihat buku hanya dari sampulnya saja, namun faktanya, itulah yang akan dilakukan pembaca. Jadi, agar eBook kamu berhasil memikat perhatian pembaca, kamu tidak hanya harus memiliki konten yang bagus, tetapi kamu juga harus membuat konten tersebut terlihat menarik. Jika tidak, orang tidak akan membaca eBook itu, tidak peduli betapa hebatnya ilmu yang ada di dalamnya.

Karena itu, saya di sini akan memberi tahu kalian semua yang perlu di ketahui tentang merancang sampul yang berdampak untuk eBook pemasaran kamu.

1. Pilih warna yang tepat

Percaya atau tidak, warna yang kamu pilih untuk digunakan pada sampul eBook kamu berperan sangat besar dalam kesuksesannya. dalam psikologi warna kesan pertama orang berpengaruh karena otak kita akan memproses warna lebih cepat daripada kata-kata, yang berarti pembaca potensial akan melihat warna cover bahkan sebelum mereka mendapatkan kesempatan untuk membaca judul. Karena itu, skema warna sampul itu penting! kamu sebaiknya memilih skema warna yang tidak hanya konsisten dengan merek kamu tetapi juga sesuai dengan nada dan emosi konten eBook milikmu.

Tip : Memilih warna polos dapat membuat eBook kamu terlihat sedikit membosankan. EBook harus menyenangkan dan penuh warna, tetapi jangan terbawa suasana dengan memilih terlalu banyak warna. Ini harus sesuai dengan palet merek kamu.

rumahinteriorlampung.blogspot.com

2. Pilih judul dan font yang tepat

sebuah judul harus memberi pembaca pemahaman yang jelas tentang apa yang akan dibahas dalam eBuku tersebut. Karena itu, semakin spesifik judul yang kamu berikan, semakin baik. Judul harus memberi pembaca alasan untuk membaca eBook kamu, jadi jangan samar-samar. Jika mereka tidak tahu apa yang akan mereka peroleh dari membaca, mereka tidak akan membuang-buang waktu.

Ada ratusan font keren untuk dipilih, tetapi ketika datang ke eBook kamu, cobalah dan tetap berpegang pada sesuatu yang sederhana. kamu tidak harus puas dengan Arial atau Times New Roman, tetapi kamu harus menggunakan tipe yang besar dan mudah dibaca. sebuah Judul harus jelas, mudah dibaca, dan tebal.

Tip : Mirip dengan memilih warna, jangan terlalu gila memilih banyak font. Gunakan satu atau dua font untuk judul agar kontras dengan desain atau gambar latar belakang.juga gunakan teks tebal, miring, dan perubahan ukuran font untuk menarik pembaca ke konten yang ingin kamu tekankan.

3. Cantumkan merek

Apa tujuan dari eBook pemasaran? Untuk membangun kesadaran merek! Ini eBook kamu, jadi pastikan untuk menyertakan merek kamu. Misalnya, pertimbangkan untuk meletakkan logo kecil di sudut setiap halaman. Ini memastikan bahwa jika cuplikan eBuku kmau digunakan oleh seseorang tanpa referensi yang tepat, halaman tersebut akan tetap memiliki logo kamu dan memberi tahu pemirsa bahwa itu adalah konten yang kamu buat.

Tip : Bersama dengan logo kamu, sertakan URL situs web kamu untuk mengingatkan pembaca ke mana harus merujuk kembali untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan kamu.

4. Tambahkan gambar

Meskipun membuat cover dilakukan dengan sederhana hanya menggunakan warna dan teks dapat cover tersebut terlihat bagus, tetapi kamu juga harus mempertimbangkan menggunakan gambar untuk menarik audiens. Gambar dapat menyampaikan pesan yang tidak bisa hanya dengan warna. Jadi, jika kamu memutuskan untuk mengambil rute ini, beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Kualitas gambar, Pastikan gambar yang di pilih berkualitas tinggi. Hal tidak boleh dilakukan adalah menggunakan gambar amatir yang membuat eBook kamu terlihat tidak profesional.

Tip : Ada banyak format ebook, tapi disini saya merekomendasikan menggunakan format file PDF karena paling mudah untuk dicetak. Jika pembaca ingin mencetak eBook kamu, pasti ingin gambar memiliki resolusi gambar yang bagus jadi pastikan resolusinya 300dpi dan ukuran gambar rasio persegi panjang 3: 2 atau rasio persegi panjang 4: 3 bekerja paling baik.

  • Hak Foto, Sebelum memilih foto, waspadalah terhadap pelanggaran hak cipta. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan gambar, pastikan kamu memiliki haknya. Jangan hanya berharap tidak akan tertangkap, jika ingin menggunakan foto, gunakan dengan benar.
  • Elemen sampul lainnya, Gambar yang dipilih harus sesuai dengan warna dan font yang digunakan. Semua elemen sampul harus bekerja sama untuk membuat eBook yang menyenangkan dan terlihat profesional.

Tip : Jika kamu memutuskan untuk mengedit atau memotong gambar, pastikan untuk menggunakan program pengeditan yang tidak mengubah dimensi atau membuat gambar terlihat berpiksel.

Membuat eBook pemasaran adalah langkah cerdas untuk bisnis kamu. Jadi, setelah kamu mengetahui cara membuat ebook, gunakanlah tips di atas untuk mendesain sampul eBook yang sesuai dengan merek kamu.

sekian, semoga membantu…