gamelab.id

hello guys artikel kali ini membahas tentang Sejarah guys dari kita yang sering menggunakan aplikasi ini pastinya bertanya tanya gimana sih sejarah aplikasi corel draw ini maka dari itu guys sekarang kita bahas tentang sejarahnya dari corel draw ini oke guys simak penjelesannya di bawah…!!

Pada tahun 1987, Corel menyewa programer untuk apa? untuk membuat suatu aplikasi grafik yang berbasis vektor. yaitu, Michel Bouillon dan Pat Beirne. Aplikasi ini kemudian diumumkan awal pada tahun 1989.

CorelDRAW adalah software grafik vector yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation di Ottawa, Kanada. Awalnya program CorelDRAW dirilis pada tahun 1989, CorelDRAW versi 1.x dan 2.x yang berjalan pada platform Windows. CorelDRAW 3.0 dirilis bersamaan dengan Microsoft Windows 3.1. Fakta yang terdapat dalam True Type pada Windows 3.1 merubah CorelDRAW benar-benar menjadi sebuah program ilustrasi yang dapat menggunakan Sistem instalasi lainnya tanpa rekomendasi aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Type Manager.

Corel Corporation mempekerjakan teknisi software bernama Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi dasar vector yang nantinya disatukan dengan sistem desktop publishing mereka. CorelDRAW pertama kali dibuat pada tahun 1987.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989 sampai sekarang CorelDRAW sudah dikembangkan sampai versi X8 oleh Corel Corporation yang berpusat di Otawa, Canada. Sotfware ini sendiri sangat banyak diminati terutama oleh para perancang grafis atau desainer grafis karena lebih mudah digunakan untuk mendesain, seperti mendesain logo perusahaan, stationery, poster, banner, packaging dan masih banyak yang lainnya.

Pendiri pertama Corel Draw
pinterest.com

Dia adalah Michael Cowpland lahir pada tanggal 23 tahun 1943, menerima gelar teknik Bsc dari Imperial College di London kemudian pada tahun 1964 pindah ke Kanada lalu menyelesaikan pendidikan masternya pada tahun 1968 dan akhirnya mendapat gelar Ph.D. dari Universitas Carleton Ottawa pada tahun 1973. Dia adalah salah satu Entrepreneur dari Kanada , businessman, dan pendiri dari Corel, dia cikal bakal yang melakukan research laboratory (“Corel” kepanjangan dari “Cowpland Research Laboratory”). Perusahaan ini melesat sangat cepat begitu produk CorelDraw muncul dipasaran, dan menjadi perusahaan software terbesar di Kanada.

Sejak pertama dirilis, Corel Corporation merasa memiliki sebuah produk yang istimewa di tangan mereka. Sebagai software grafis pertama untuk platform Windows, CorelDRAW telah mengubah cara orang dalam mengekspresikan ide-ide dalam mendesain, dan para pengguna telah percaya sekaligus menikmati program tersebut sejak saat itu.

Format File CorelDRAW

CorelDRAW merupakan software yang editor grafiknya dengan jenis format grafik vektor dan grafik raster. Format file utama dari CorelDRAW ini ialah “.cdr. Satu kelemahan yang dimiliki software CorelDRAW adalah tidak dapat membuka file format “.cdr. yang lebih baru dengan software versi di bawahnya. Namun demikian, pengguna masih bisa membuka dan mengedit beragam file ekstensi “.cdr dengan software yang lain seperti softwarre: Adobe Illustrator, Corel PaintShop Photo Pro, Corel WordPerfect Office, Inkscape, LibreOffice, Macromedia Freehand, Microsoft Visio 2002, sK1, Xara Designer Pro, dan Xara Photo & Graphic Designer.

Formatpenyimpanan yang paling sering di gunakan yaitu:

  • CDR : Format asli dari CorelDRAW, yang digunakan untuk proses pencetakan dari berbagai produk dalam desain grafis. diingat ya, Convert to Curves dulu berbagai teks dan objek lainnya.
  • JPG : Format gambar yang pada umumnya, itu digunakan untuk diupload di internet ataupun hanya sekedar digunakan untuk wallpaper komputer atau HP.
  • PSD (Photoshop Document)

Format file ini merupakan format asli dokumen dari Adobe Photoshop. Format ini juga mampu untuk menyimpan informasi layer dan alpha channel yang terdapat pada sebuah gambar, sehingga suatu saat dapat dibuka dan diedit kembali.

Format ini juga mampu menyimpan gambar dalam beberapa mode warna yang disediakan oleh adobe Photoshop. kamu dapat menyimpan dengan format file ini jika ingin mengeditnya kembali.

  • BMP (Bitmap Image)

Format file ini merupakan format grafis yang fleksibel untuk platform Windows sehingga bisa dibaca oleh program grafis manapun. Format ini juga mampu untuk menyimpan informasi dengan kualitas tingkat 1 bit sampai dengan 24 bit. Kelemahan dari format file ini ialah tidak mampunya menyimpan alpha channel serta juga ada kendala dalam pertukaran platform. Untuk membuat sebuah objek sebagai desktop wallpaper, simpanlah dokumen kamu dengan format file ini. kamu juga bisa mengkompres format file ini dengan kompresi RLE. Format file ini juga mampu menyimpan gambar kedalam mode warna RGB, Grayscale, Indexed Color, dan Bitmap.

  • EPS (Encapsuled Postcript)

Format file ini merupakan format yang sering digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen antar program grafis. Selain itu, format file ini juga sering pula digunakan ketika ingin mencetak gambar.

Keunggulan dariĀ  format file ini adalah dengan menggunakan bahasa postscript sehingga format file ini dikenali oleh hampir semua program persiapan cetak.

Kelemahan dari format file ini adalah tidak mampunya menyimpan alpha channel, sehingga banyak pengguna Adobe Photoshop yang menggunakan format file ini saat ketika gambar yang dikerjakan sudah final. Format file ini juga mampu menyimpan gambar dengan mode berbagai jenis warna yaiut warna RGB, CMYK, Lab, Duotone, Grayscale, Indexed Color, serta Bitmap. Selain itu format file ini juga mampu menyimpan clipping.

Berikut adalah versi dari CorelDraw :

  1. Corel draw versi 1.01 dirilis pada tahun 1 january 1998
  2. Corel draw versi 1.02 dirilis pada tanggal 2 april 1989
  3. Corel draw versi 1.10 dirilis pada tanggal 2 juli 1989.
  4. Corel draw versi 1.11 dirilis pada tanggal 2 februari 1990.
  5. Corel draw versi 2 dirilis pada tanggal 1 september 1991.
  6. Corel draw versi 3 dirilis pada tanggal 15 mei 1992.
  7. Corel draw versi 4 dirilis pada tanggal 20 mei 1993.
  8. Corel draw versi 5 dirilis pada tanggal 27 juli 1994.
  9. Corel draw versi 6 dirilis pada tanggal 24 agustus 1995.
  10. Corel draw versi 7 dirilis pada tanggal 8 oktober 1997.
  11. Corel draw versi 8 dirilis pada tanggal 27 oktober 1998.
  12. Corel draw versi 9 dirilis pada tanggal 31 agustus 1999.
  13. Corel draw versi 10 dirilis pada tanggal 13 november 2000.
  14. Corel draw graphics suite versi 11 dirilis pada tanggal 1 agustus 2002.
  15. Corel draw graphics suite versi 12 dirilis pada tanggal 10 februari 2004.
  16. Corel draw graphics suite versi x3 dirilis pada tanggal 17 januari 2006.
  17. Corel draw graphics suite versi x4 dirilis pada tanggal 15 februari 2008.
  18. Corel draw graphics suite versi x5 dirilis pada tanggal 23 februari 2008.
  19. Corel draw graphics suite versi x6 dirilis pada tanggal 20 maret 2012.
  20. Corel draw graphics suite versi x7 dirilis pada tahun 2014

nah, itulah sejarah tentang adobe corel draw semoga artikel ini bermanfaat menambah wawasan anda:)