Zaman sekarang,siapa sih yang gak tau apa itu stiker?. Sepertinya dari kalangan anak-anak pun kini sudah sangat familiar dengan yang namanya stiker yaa… Nah kali ini saya akan membahas tentang stiker nih,pasti banyak yang belum tau apa aja sih jenis-jenis bahan stiker? Yuk langsung aja kita bahas sama-sama.

Berikut adalah beberapa penjelasan dari pebedaan karakteristik stiker dan manfaatnya:

-Stiker Vinyl

sumber: jadeindopratama.id

 

Stiker ini sangat populer dan sering kita temukan karena biasa dipakai sebagai label kemasan,stiker dinding,stiker kaca dan sebagainya. Stiker ini juga memiliki daya tahan yang kuat karena memakai perekat yang kuat. Namun walaupun memiliki perekat yang kuat,jika stiker dilepas tidak akan meninggalkan bekas membandel. Stiker ini mudah di pakai di permukaan yang rata maupun melengkung. Stiker ini pun lebih tahan air dan tahan untuk diluar ruangan tidak seperti stiker chromo. Stiker Vinyl mempunyai 2 hasil finishing yang berbeda,yaitu vinyl doff dan vinyl glossy.

-Stiker Chromo

sumber: padiumkm.id

Stiker Chromo ini memiliki bahan yang lebih ke kertas yang tidak tahan terhadap air dan mudah luntur berbeda dengan stiker vinyl yang berbahan lebih ke plastik. Sehingga sering kita temukan pada wadah sekali pakai/tempat yang tidak terkena air. Bahan stiker ini pun jenis paling murah dan sederhana sehingga sering dipakai oleh pengusaha kecil.

-Stiker Transparan

sumber: digibook.id

Seperti namanya,stiker ini memiliki latar belakang yang transparan sehingga cocok untuk ditempel di kaca maupun kemasan produk sehingga bagian dalam produk tetap terlihat. Jika dilepas,stiker ini tidak meninggalkan bekas perekat yang bisa ditempel kapan saja dan dimana saja.

-Stiker Sandblast

sumber: www.stickerjakartacreative.com

Stiker ini mempunyai tekstur yang sedikit kasar dan berwarna buram. Yang biasanya dipakai untuk kaca ruangan untuk sekat privasi tapi terlihat artistik. Stiker ini juga tidak meninggalkan bekas pada kaca sehingga aman untuk diganti kapan saja.

-Stiker One Way Vision

sumber: nitimandala.com

Stiker ini dikenal dengan lubang-lubang mikro dan biasa kita lihat pada jendela belakang mobil, jendela bus,dan kaca toko. Karena stiker ini bisa menyaring cahaya yang masuk ,sehingga dari bagian luar tidak bisa melihat ke bagian dalam ruangan. Tetapi bagian dalam ruangan bisa melihat keluar yang menciptakan tempat yang lebih privasi.

Gimana? Udah tau perbedaan jenis-jenis bahan stiker kan? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya…